poskomalut.com
baner header

Dinkes Taliabu Rapat Lintas Sektoral Bahas Penanganan Virus Corona

TALIABU-PM.com, Dinas kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab), menggelar rapat lintas sektoral dalam rangka untuk membahas penanganan virus corona di wilayah Pulau Taliabu.

Kepala dinas kesehatan Pulau Taliabu, Kuraisia Marasaoly kepada awak media di ruang kerjanya, Senin, (10/2/2020) menuturkan, dirinya melapor ke pimpinan untuk melakukan rapat lintas sektor dengan beberapa dinas terkait termasuk nakertrans dan perhubungan untuk membahas langkah-langkah penanganan mengenai virus corona karena, di Pulau Taliabu adalah salah satu Kabupaten yang mempunyai tenaga kerja asing di tambang.

“Hasil rapat itu adalah perhubungan segera berkonsultasi dengan sahbandar untuk mendata semua kapal yang keluar masuk di port maupun pelabuhan-pelabuhan terdekat seperti Tikong dan Lede agar mengetahui arus masuk dan keluarnya TKA,” ungkapnya.

Dia mengaku, Disnkes Taliabu sudah berkoordinasi dengan pihak PT. ADT, dan meminta agar PT. ADT tidak mengijinkan satupun kru kapal turun ke tambang. Ini sebagai, tindak lanjut instruksi dari presiden. “Direktur PT. ADT juga sudah menginstruksikan agar tidak ada arus masuk TKA di PT. ADT. Melihat pintu masuk ke Taliabu melalui jalur laut yang begitu dekat dan cepat, sehingga kita membahas langkah-langkah penanganannya, selain dari itu kita juga belum memiliki KKP sehingga kita berkoordinasi dengan perhubungan,” ujanya.

Diawal informasi tentang beredarnya virus corona di Indonesia, sambung Kuraisi Dinkes Pulau Taliabu langsung mengambil langkah melakukan sosialisasi di daerah lingkar tambang dan membagi-bagi stieker, iklan edukasi tentang virus corona. Selain di areal lingkar tambang, Dinkes juga mensosialisasi di sekolah-sekokah dan masyarakat umum kemudian membagikan stiker-stiker edukasi kepada masyarakat dan siswa-siswi di SMA dan SMK.

“Sosialisasi ini dilkukan dengan tujuan untuk meningkatkan kewaspadaan dan beriktiar. Intinya kita memberikan informasi kepada masyarakat untuk memulailah berperilaku hidup sehat sehingga kita terhindar dari virus corona maupun penyakit-penyakit yang lain,” imbaunya. (Cal/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: