poskomalut.com
baner header

Dishub Kepsul Kumpul Pemilik Transportasi Luar Kota

SANANA-PM.com, Dinas perhubungan (Dishub) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), terus berupaya mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas (Lakalantas) yang sering dialami angkutan luar kota berapa waktu terakhir ini. Buktinya, Senin (27/1/2020) mengumpulkan sejumlah pemilik mobil yang menangani transportasi luar kota.

Kadishub Kepsul, Ahmad Yasin Hayatudin, setelah pertemuan tersebut pada wartawan mengatakan, Dishub sengaja mengundang seluruh pemilik angkutan luar kota tersebut karena, kejadian lakalantas yang menimpa beberapa angkutan luar kota belakangan ini, hampir semuanya disebabkan oleh kelalayan sopir yang mengangkut penumpang serta barang bawaan diluar kapasitas. “Lakalantas yang menimpa angkutan luar kota dalam berapa waktu terakhir kemarin, itu bukan hanya karena faktor kondisi jalan, namun hal itu juga disebabkan karena faktor kelalayan, sebab sopir sering mengangkut penumpang melebihi kapasitas mobil,”katanya.

Menurut Ahmad Yasin, pihaknya sengaja mengundang langsung pemilik mobil untuk membicarakan masalah tersebut karena, pihaknya berkeinginan agar mereka (Pemilik mobil) juga ikut mengawasi sopir yang dipercayakan  mengendarai mobil mereka. “Pencegahan lakalantas, harus menjadi tanggungjawab bersama, baik itu pemilik mobil, sopir maupun perugas,” katanya.

Ahmad Yasin menambahkan, untuk mengawasi angkutan luar kota, saat ini Dishub telah menyiapkan petugas di lima titik, yakni untuk arah timur di Desa Wai Ipa dan Manaf, sedangkan untuk wilaya Utara di depan pertokoan dan di Desa Pohea. “Petugas saat ini sudah disiagakan di kurang lebih lima titik, baik itu untuk arah timur maupun arah utara,”jelasnya. Olehnya itu, lanjut dia, pihaknya berharap seluruh sopir yang menangani transportasi luar kota, agar lebih tertib dalam berlalulintas dan tidak mengangkut penumpang diluar kapasitas.(fst/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: