Disnaker Ternate : Program Kartu Pra Kerja Terkendala di Pusat

TERNATE- PM.com, Program kartu pra kerja merupakan salah satu stimulus pemerintah untuk masyarakat yang terdampak wabah virus corona atau COVID-19.

Kepala dinas ketenaga kerjaan (Disnaker) Kota Ternate Jusuf Sunya menyampaikan, untuk program kartu prakerja di Kota Ternate belum berjalan karena hambatan nya di Jakarta.

"Pemerintah Kota Ternate berupaya untuk menjalankan program kartu pra kerja dari pemerintah pusat namun program kartu pra kerja masih mempunyai hambatan di Jakarta," ungkapnya.

Kata Jusuf, untuk Kota Ternate sudah membuka kuota untuk kartu pra kerja, namun kuotanya belum diketahui. Lanjut Jusuf kalau untuk pendaftaran kartu pra kerja harus per orang karena itu akses per orang.

Jusuf menjelaskan, pihaknya sudah meminta untuk difasilitasi tetapi yang menentukan itu dari Jakarta. Pihaknya menunggu perkembangan kartu parakerja dari pemerintah pusat.

Jusuf bilang, kartu para kerja tidak langsung diserahkan ke Kementrian tenaga kerja yang punya kewenangan menjalankan itu. Tetapi berada di kementrian perekonomian dan disitulah dibentuk sebuah komite untuk mengatur berjalanya program kartu prakarja tersebut.

"Sehingga mereka ini yang lebih berhak mengatur berjalanya kartu pra kerja," ungkapnya. Seraya menambahkan Kementrian Tenaga Kerja lebih tahu siapa yang lebih pantas mendapatkan kartu pra kerja tersebut. (Ris/red)

Komentar

Loading...