Disnaker Ternate Tegaskan Perusahaan wajib Berikan THR ke Pekerja

TERNATE- PM.com, Sesuai dengan surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor M/6/HI.00.01/V/2020 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan (THR) Tahun 2020 di Perusahaan Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Maka Disnaker Kota Ternate mewajibkan setiap perusahaan untuk membayar THR para pekerjaanya terkecuali ada kesulitan rutinitas di perusahaan tersebut. Demikian dikatakan Kepala Dinsnaker kota Ternate Jusuf Sunya pada poskomalut.com, Kamis (14/5/20).

Setiap perusahan wajib membayar THR para pekerja, karena itu ada beberapa poin yang tertera di didalam surat edaran kentrian RI.

"Namun misalnya kalau perusahan tersebut mengalami kesulitan rutinitas karena tidak bisa membayar THR maka harus melapor kembali pada dinas tenaga kerja (Disnaker) supaya kita bisa tahu, serta harus membuat laporan nikuiditas perusahan dan ekspolow sehingga perusahaan tersebut dianggap tidak mampu untuk membayar THR tenaga kerja mereka," ungkapanya.

Jusuf menambahkan, perusahan juga harus melakukan dialog antara kedua belah pihak yaitu antara perusahaan dan pekerja sehingga ada titik temu. Terkait dengan tunjangan THR pekerjaanya.

Jusuf menegaskan, seandainya perusahaan tersebut mampu membayar THR pekerjaan namun mereka tidak membayar maka akan dikenakan sanksi.

"Perusahaan tidak memberikan THR para pekerjanya maka perusahaan tersebut akan diberikan sanksi administrasi seperti pengurusan surat izin akan tidak di urus, tidak akan diproses atau izin perusahaan itu dicabut," tegasnya. (Ris/red)

Komentar

Loading...