Ditreskrimum Polda Malut Gelar Lomba Olah TKP

Peserta lomba saat prakter olah TKP.

TERNATE-pm.com, Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Maluku Utara (Malut) menggelar lomba olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Kegiatan itu dihelat dalam rangka menyambut HUT Ke-77 Bhayangkara tahun 2023.

Lomba olah TKP itu berlangsung di Mako Ditreskrimum Polda Malut, di Ternate, disaksikan langsung Kapolda Irjen (Pol) Midi Siswoko dan Pejabat Utama (PJU). Pesertanya perwakilan Satreskrim unit Inavis Polres jajaran di Maluku Utara.

"lomba olah TKP dengan peserta unit inavis Satreskrim Polres jajaran ini, bertujuan untuk mengasah kemampuan penyidik dalam menganalisa sekaligus menentukan satu perkara terutama kasus pidana khusus,"kata Ketua panitia lomba, AKBP Hengky Setyawan, Jumat (23/6/2023).

"Lomba ini supaya penyidik di Polres jajaran bisa lebih profesional, sehingga ada TKP di jajaran tim identifikasi bisa lebih maksimal dalam menangani perkara, disimpulkan melalui bukti dan petunjuk yang ada di TKP," sambungnya.

Kabag Wasidik Ditreskrimum Polda Malut ini juga mengatakan, dalam lomba olah TKP tersebut, ada beberapa materi penyelidikan yang disiapkan mulai dari kasus pembunuhan, pencurian dengan kekerasan, penganiayaan, pencabulan hingga pelecehan seksual.

"Dari sini, penyidik bisa mengumpulkan bukti awal sebagai petunjuk di sekitar TKP untuk menentukan motif dari kasus yang tengah ditangani," tuturnya.

Ia menyebutkan dari 10 Polres yang ada di Polda Maluku Utara, hanya 9 atau Satreskrim yang mengikuti lomba tersebut. Sementara satu Polres yakni Pulau Taliabu tidak diikutsertakan.

"Minus Polres Taliabu, karena di Taliabu belum terbentuk unit identifikasi dan masih melekat dengan Polres Kabupaten Kepulauan Sula," akunya.

Durasi waktu yang diberikan dalam melakukan olah TKP kata Hengky, 45 menit untuk satu peserta atau satu Polres.

"Direktur berharap, kegiatan ini dapat diterapkan di wilayah masing-masing, sehingga penyidik lebih profesional dan tidak salah dalam mengelola barang bukti yang ada di TKP," pungkasnya.

Komentar

Loading...