DK 2020, Lurah Bastiong Talangame Programkan Fisik dan Pemberdayaan Masyarakat

Lurah Bastiong talangame Masdiana F. Syagar

TERNATE-PM.com. Kelurahan Bastiong Talangame, Kecamatan Ternate Selatan merealisasikan Dana kelurahan yang bersumber dari anggaran pendapatan Belanja Negara (APBN ) Rp. 350 juta, pada program fisik dan pemberdayaan masyarakat.

Dana kelurahan yang sudah dikucurkan oleh pemerintah pusat akan menjadi program kelurahan, diperuntukan untuk sejumlah fasilitas umum dan akan dimanfaatkan oleh masyarakat,secara total melibatkan langsung masyarakat baik dalam pengambilan keputusan melalui musyawarah bersama.

Lurah Bastiong talangame Masdiana F. Syagar mengatakan, dana kelurahan Tahun 2020 sebesar, Rp. 350 juta, dengan pencairannya dua tahap selama setahun. Tahap pertama pada tanggal 24 Juli 2020 dengan nilai Rp 165 juta.

"Penggunaannya kami sesuaikan dengan anggaran pembangunan fisik dan pemberdayaan masyarakat yakni pembangunan jalan paving block RT. 8, 400 meter, trus pemberdayaan masyarakat ada 3 kegiatan kapasitas lembaga yaitu sosialisai tentang bahaya narkoba, pengadaan kursi plastik fungsinya ketika ada hajatan untuk wilayah bastiong dan pengadaan sound systim," katanya Rabu (23/12/2020).

Sedangkan pencairan tahap dua pada tanggal 27 November 2020 senilai Rp. 185 juta, dan pelaksanaan pada tanggal 5 Desember 2020, dengan rincian anggaran yakni pembuatan jalan paving bloc RT. 01, panjang 150 meter, rehabilitasi saluran air RT 01, panjang 40 meter.  Di RT 2 dan RT 3, pembuatan saluran air masing- masing 175 dan 183 meter, dan nanti di RT 12 akan dikerjakan rehab saluran 80 meter.

"Untuk pemberdayaan masyarakat pembuatan media vertikal garden, kami fungsikan ibu PKK untuk kegiatan yang akan dilakukan yaitu menanam sayuran dengan bunga pengusir nyamuk, karena di daerah bastiong ini ada 7 kasus demam berdarah,"ujar dia.

Pihak kelurahan dan masyarakat sangat bersyukur dan berterima kasih pada pemerintah pusat dengan adanya Dana Kelurahan (DK) sangat menunjang program kelurahan untuk melaksanakan pembanguanan mau pun perbaikan yang di butuhkan oleh masyarakat.

"Harapan saya kepada masyarakat marilah bersama- sama menjaga apa yang telah di bangun oleh kelurahan melalui Dana kelurahan. Dirawat dan dijaganya karena semua fasilitas masyarakata sendiri yang akan menikmati,"harapnya. (Mg02/red)

Komentar

Loading...