Dokumen RDTR Kota Sofifi Segera Tuntas

TIDORE-PM.com, Kegiatan Konsultasi Publik Ke-2 Penyepakatan Muatan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Perkotaan Sofifi dan Alternatif Rekomendasi KLHS Dalam Rangka Penyusunan RDTR Kawasan Perkotaan Sofifi terus dibahas.

Kegiatan yang diselenggerakan oleh Pemerintah Kota Tidore Kepulauan bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Tata Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional  pada Rabu (28/9/2022) yang dibuka secara resmi Sekretaris daerah Ismail Dukomalamo mewakili Wali kota.

Sekretaris daerah Ismail Dukomalamo mengatakan, Penyepakatan Muatan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Perkotaan Sofifi Dan Alternatif Rekomendasi KLHS Dalam Rangka Penyusunan RDTR Kawasan Perkotaan Sofifi ini merupakan bentuk pelibatan peran masyarakat dalam penataan ruang, melalui penjaringan saran dan masukan terhadap konsep perencanaan yang sudah disusun, sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 68 Tahun 2010 tentang Bentuk dan Tata Cara Peran Masyarakat dalam Penataan Ruang.

Sementara itu Direktur Bina Perencanaan Tata Ruang Wilayah II, Ditjen tata ruang Kementerian ATR/BPN Rahma Juliyanti mengatakan, menjadikan sofifi sebagai ibukota Provinsi Maluku Utara dari perencanaan wilayah sangat stategis karena sofifi nantinya akan menjadi pusat Pemerintahan provinsi.

Rahma Juliyanti juga menambahkan, Penyepakatan Muatan Rencana Detail Tata Ruang  ini memerlukan peranan yang sangat penting dalam sebuah pembangunan di Daerah, karena pasca ditetapkan UU Cipta kerja dan juga Peraturan Daerah Nomor 21 2021 memang rencana tata ruang ini menjadi satu-satunya dasar untuk penertiban izin usaha.

“Kawasan sofifi menjadi salah satu program pemerintahnya yang ingin segera diwujudkan untuk pengembangan Sofifi, sehingga dalam pengembangan kawasan Sofifi kami membutuhkan suatu rencana untuk bagaimana Sofifi dikembangkan kedepan, tentu kami juga membutuhkan dukungan dari Pemerintah Daerah Kota Tidore untuk memberikan dukungan dan masukan terkait penyusunan RDTR dalam pembangunan kawasan sofifi kedeapan, “ Tutup Rahma Juliyanti.

Kepala dinas PUPR Tidore Abdul Muis Husaen mengungkapkan, Dokumen RDTR yang memuat semua cakupan struktur ruang, pola ruang, maupun peraturan zonasinya telah dianggap memenuhi syarat untuk dilakukan persiapan Rapat Lintas Sektoral bersama pemerintah pusat yg direncanakan pada tgl 19 Oktober mendatang.

Hal ini sangat diharapkan oleh pemerintah pusat khususnya Menko Marvest sehingga semua dokumen perencanaan Sofifi dapat dituntaskan pada akhir tahun 2022. "Demi percepatan pengembangan infrastruktur kawasan perkotaan Sofifi, Kota Tidore Kepulauan,” pungkas Djojo Muis sapaan akrab Kadis PUPR Tidore.(mdm/red)

Komentar

Loading...