Dokumen RTRW Haltim Dibahas DPRD Bulan Depan 

Komisi III DPRD dan BP4D melakukan pertemuan membahas progres penyusunan dokumen RTRW Haltim.

MABA-pm.com, Komisi III DPRD Halmahera Timur menggelar pertemuan bersama Badan Perencaan, Penelitian dan Pengembangan Pembangunan Daerah (BP4D) untuk memastikan progres Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang telah disusun, Kamis (18/8/2022).

Ketua Komisi III, Slamet mengatakan, DPRD mendesak BP4D secepatnya menyampaikan dokumen RTRW.

"Setelah pertemuan tadi, BP4D menyanggupi bahwa dokumen tersebut akan diserahkan September pertengahan. Setelah diserahkan ke DPRD, kami akan bahas RTRW tersebut sesuai regulasi," ujarnya, Kamis (18/082022).

Slamet mengemukakan, dalam rapat itu pihaknya mempertanyakan dokumen RTRW yang belum disampaikan ke DPRD.

Sementara, Kabid Infrastruktur Kewilayahan BP4D Haltim, Muchlis Husin mengatakan, dokumen RTRW disampaikan ketika selesai diintegrasikan dengan rekomendasi Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) rencana tata ruang wilayah.

"Jadi saat ini pemerintah daerah masih menunggu proses penyelesaian KLHS sampai pada validasi dokumen di Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi," jelasnya.

"Setelah hasil validasi keluar maka dilakukan integrasi baru kemudian secara resmi dokumen RT/RW dimasukkan bersama dengan dokumen KLHS," sambungnya.

Selanjutnya, dua dokumen itu diserahkan ke DPRD untuk dibahas, baru nantinya diterbitkam mendap berita acara sebagai kelengkapan dengan surat bupati agar dibawa untuk evaluasi di provinsi.

"Pastinya untuk tahapan tidak akan kami lewatkan, karena pada saat asistensi ke Kementerian Agraria dan Tata Ruang, tapan-tahapan akan semua di kroscek," pungkasnya

Komentar

Loading...