DPMD Haltim Minta Desa Pakai ADD dan DD Tuntaskan Stunting

Kepala DPMD Haltim, Khalid Abas.

MABA-pm.com, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Halmahera Timur (Haltim) meminta kepada seluruh pemerintah desa ikut serta dalam penuntasan stunting.

Ini disampaikan Kepala DPMD Haltim, Khalid Abas kepawa awak media, Jumat (19/1/1024). Ia mengatakan, penuntasan stunting dapat dilakukan pemerintah desa dengan memaksimalkan anggaran Dana Desa (ADD) maupun Dana Bagi Hasil (DBH).

Khalid menuturkan, pihaknya tengah meminta kepada jajaran agar merancang pendampingan ke setiap desa memfokuskan pengentasan stunting.

"Kami sudah minta staf turun lapangan agar meminta kepada setiap desa maksimalkan ADD maupun DBH untuk stunting," jelas Khalid.

Menurutnya, pengentasan stunting secara efektif harus dilakukan di tingkat desa. Sasarannya ada setiap desa yang tersebar di Haltim.

"Intervensi yang dilakukan juga melalui desa, di mana dalam APBDes kita juga minta agar alokasi anggaran di desa bisa diarahakan sebagian ke stunting," katanya.

Selain program berfokus pada stunting, mantan Kabang Umum Setda Haltim itu menambahkan, ADD dan DDjuga tidak bisa lepas dari peran utamanya yakni pemberdayaan maupu pembagunan di desa.

"Jadi tetap menyasar program-program yang ada juga selain stunting, infrastruktur maupun pemberdayaan ekonomi kerakyatan juga tidak bisa lepas dari fokus anggaran di desa," pungkasnya.

Komentar

Loading...