poskomalut.com
baner header

DPRD Kepsul Punya Golek

Pertanyaan dan Masukan Anggota Dijawab Sekwan

SANANA-PM.com, Ada apa dengan Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Sinaryo Thes. Dinilai seperti golek, yang tak bisa berbuat apa-apa. Hal ini, mengemuka pada rapat paripurna pengesahan tata tertib (tatib) DPRD kepsul Kamis (7/11/2019) kemarin.

Pantau Posko Malut, adik Bupati Kepsul Hendrata Thes tersebut, hanya tampil semampunya membaca sambutan tertulis yang disiapkan sekretariat. Setelah itu, semua pertanyaan maupun saran anggota terhadap kinerja lembaga tak direspon. Anehnya, pertanyaan dan saran anggota tersebut justru dilempar ke sekretaris dewan Lyli Herawati Tomaidi.

Hal ini mendapat tanggapan dari Ketua Himpunan Pelajar Mahasiswa Sula (HPMS), Armin Suamole. Menurut Armin, harusnya Sinaryo  sebagia ketua DPRD menguasai seluruh tata kerja, dan yang paling utama adalah mekanisme dan teknis persidangan, sehingga setiap masukan maupun tanggapan dari setiap anggota DPRD dapat direspon dengan cepat. “Kenapa harus  Sekwan yang menjawab tanggapan anggota tentang kierja dewan, itu karena Ketua DPRD tidak paham,” semprot Armin.

Karena itu, dia berharap, Ketua DPRD agar segera mempelajari tugas dan wewenang DPRD, sebab kerja DPRD itu berat. “Karena selain mengawasi jalanya pemerintahan dan setiap kegiatan pembangunan yang dilaksanakan ekskutif, DPRD juga punya tugas-tugas legislasi serta anggaran. Kalau ketua DPRD bingung-bingung, bagaimana mau mengawal aspirasi rakyat,” pungkasnya. (fst/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: