poskomalut.com
baner header

DPRD Setujui Rencana Pembangunan Shelter Pengungsi di Kota Ternate

TERNATE- PM.com, Program pembangunan shelter pengungsi yang diajukan oleh BPBD Kota Ternate untuk program jangka menengah, dan jangka panjang mendapat persetujuan oleh DPRD Komisi III Kota Ternate.

Pembangunan shelter pengungsi itu sangat positif untuk di daerah rawan bencana seperti Kota Ternate. “Dengan adanya shelter pengungsi ini bisa mengantisipasi ketika adanya bencana, sehinga bisa dijadikan tempat untuk masyarakat yang terdampak,” ungkap ketua komisi III DPRD Anas U Malik, pada poskomalut.com, Senin (22/6/20).

BPBD kota Ternate juga memiliki lahan untuk dibangun shelter pengungsi, kata Anas sehingga shelter pengungsi itu bisa menjadi gedung untuk menampung masyarakat yang terdampak bencana misalnya gunung meletus, gempa maupun longsor.

“Saya kira itu juga menjadi skala prioritas dari pemerintah dalam mendorong pembangunan shelter pengungsi pada APBD tahun depan,” ungkapnya.

Lanjut Anas, pembangunan shelter pengungsi dijadikan sebagai program jangka menengah karena di kota Ternate merupakan daerah rawan bencana, sehingga pembangunan shelter pengungsi juga menjadi skala prioritas karena melayani masyarakat ketika tertimpa musibah.

Namun harus juga melihat kondisi keuangan daerah terkait dengan perencanaan APBD tahun berikutnya, karena saat ini daerah sedang pemulihan ekonomi dan penanganan Covid. “Namun jikan APBD memungkinkan maka pemerintah harus memperhatikan pembangunan shelter pengungsi,” tutur Anas.

Sementara itu Arif Gani, Kepala BPBD Kota Ternate mengatakan, pembangunan shelter pengungsi di Kota Ternate sangat membantu. Artinya sebagai daerah rawan bencana harus mempunyai shelter pengungsi untuk membantu masyarakat ketika ada bencana.

“Sehingga kita bisa memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat kota Ternate yang terdampak bencana, seperti gempa, gunung meletus dan tana longsor,” jelasnya.

Dirinya juga sudah melakukan koordinasi dengan walikota Ternate untuk rencana jangka panjang pembuatan shelter pengungsi yang ada di kota Ternate, apabila kedepan situasi sudah membaik maka sudah bisa diusung pembuatan shelter pengungsi. (Ris/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: