poskomalut.com
baner header

DPRD Taliabu Bakal Temui Mitra Komisi

TALIABU-PM.com,  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab), bakal menemui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menjadi mitra komisi DPRD. Wakil Ketua DPRD Pulau Talibu M. Jainal Ajhar, kepada Posko Malut mengatakan langkah awal komisi sebelum menjalankan tugas-tugas pengawasannya bakal silaturahmi dengan OPD mitra komisi. “Kita harus menemui (silaturahmi) dengan mitra-mitra komisi terlebih dahulu agar saling mengenal siapa pimpinan OPD, saling tukaran nomor telpon,”ungkapnya.

Dikatakan, agenda silaturahmi dengan pimpinan OPD mitra komisi merupakan langkah awal komisi dalam melaksana tugas-tugasnya. Selanjutnya, komisi-komisi akan melakukan rapat dengar pendapat dengan OPD berdasarkan temuan komisi di lapangan dan laporan dari masyarakat. “Setelah ajang perkenalan antara komisi dengan OPD baru komisi-komisi akan action berdasarkan bidang masing-masing. Kemudian jika ada temuan di lapangan dan laporan dari masyatakat maka komisi akan memanggil OPD terkait untuk melakukan rapat dengar pendapat,”ujarnya.

Ia menjelaskan DPRD akan melaksanakan tugas berdasarkan tupoksinya yang terbagi dalam komisi. Misalaya komisi I bidang hukum dan pemerintahan bermitra dengan dinas kesehatan, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Komunikasi, Informatika dan Kehumasan, Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Aparatur, Kesatuan Bangsa dan Politik, Tata Pemerintahan, Administrasi Pimpinan, Hukum dan Organisasi, Pertanahan, Pemerintahan Kecamatan, Pemerintahan Desa.

Sementara komisi yang membidangi ekonomi dan keuangan bermitra dengan dinas pendidikan, ketahanan pangan, dinas pertanian, perdagangan perindustrian koperasi, usaha kecil dan menengah, kelautan dan perikanan, pariwisata, pemuda dan olahraga, Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Perekonomian dan Kesra, Umum dan Perlengkapan, Pengadaan Barang serta Jasa.

Komisi III membidangi pembangunan dan kesejahteraan rakyat lanjutnya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman, Lingkungan Hidup, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Perhubungan, Perencanaan Pembangunan Daerah, Sosial, Penelitian dan Pengembangan Daerah, Perpustakaan dan Kearsipan  Transmigrasi dan Agama. “OPD ini yang menjadi mitra kerja komisi-komisi di DPRD Pulau Taliabu berdasarkan bidang-bidangnya. Kami berharap agar bisa menjalankan tugas dan tanggung jawab kami sebagi walil rakyat,”harapnya. (Cal/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: