DPRD Ternate Bakal Roling AKD

Ketua DPRD Kota Ternate, Muhajirin Baylussi.

TERNATEPM.com, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate bakal melakukan rolling Alat Kelengkapan Dewan (AKD) melalui pengusulan dari masing-masing fraksi.

Rencananya, semua AKD yang bakal dirolling mulai dari Komisi Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Banmus), Badan Pembentukan Perda (Bapemperda) dan Badan Kehormatan (BK).

Ketua DPRD Kota Ternate, Muhajirin Bailussy ketika dikonfirmasi usai rapat Banmus. Senin (14/3/2022) mengatakan, sesuai ketentuan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan daerah (Perda) ke tata tertib DPRD. Dijelaskan, bahwa anggota DPRD dalam komposisi AKD, masa jabatan pimpinan alat kelengkapan dewan tersebut hanya dua tahun setengah langsung dirolling.

"Masa jabatan Pimpinan Alata Kelangkapan Dewan (AKD) hanya dua tahun setengah, langsung dibuat roling pimpinan baru, dan itu sudah sesuai dengan UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Perda) kemudian tata tertib DPRD," ujarnya.

Dikatakannya, pihaknya meminta kepada ketua ketua fraksi untuk menyampaikan atau masukkan perubahan ditribusi nama-nama yang nantinya ke alat kelengkapan dewan.

"Pimpinan minta ke fraksi-fraksi untuk segerah mamasukan apakah ada perubahan distribusi anggota fraksi ke alat kelengkapan DPRD atau tidak ada," terangnya.

Lebih lanjut, Muhajjirin menjelaskan terkait dengan komposisi komisi tidak diubah. Tetapi sama seperti Banmus sebanyak 15, Bapemperda 11, Banggar 15, Komisi III sebanyak 11 orang, Komisi II 9 orang, Komisi I sebanyak 7 orang, dan BK 3 orang. Pola distribusi tetal sama.

“Jadi untuk pola distribusinya tidak diubah, masih sama," ujarnya.

Komentar

Loading...