DPRD Ternate Jadwalkan Dua Ranperda Disahkan Akhir Tahun 2020

Ketua Bapemperda DPRD Kota Ternate, Junaidi A. Bahruddin.

TERNATE- PM.com, Dua Rancangan Peraturan (Ranperda), yang diusulkan oleh Pemerintah kota Ternate yakni Ranperda Pajak Daerah dan Ranperda Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah, akan disahkan oleh DPRD kota Ternate pada akhir tahun 2020.

"Dua Ranperda yang diusulkan oleh Pemkot itu akan bisa diselesaikan di akhir tahun atau pada bulan Desember bisa disahkan oleh DPRD kota Ternate," ungkap ketua Ranperda Junaidi Bahrudin, Senin (02/11/20) pada sejumlah wartawan.

Pembahasan dua ranperda itu dilakukan oleh gabungan komisi dan itu di bolehkan dalam tata tertib DPRD, selain Pansus juga bisa dibahas oleh komisi atau gabungan komisi.

"Gabungan komisi ini, beranggotakan 15 orang, Kebetulan saya juga diberikan amanah sebagai ketua Ranperda namun, di sisi yang lain juga karena agenda pembahasan APBD tahun 2021, juga sudah ditetapkan maka kita akan melakukan Penyesuaian dengan jadwal dan tahapan pembahasan APBD tahun 2021," jelasnya.

Lanjutnya, Kemudian di sela-sela itu, mereka akan mengatur waktu untuk ke melakukan pembahasan rapat internal maupun targetnya penyelesaian dua ranperda akan diselesaikan akhir tahun ini.

Sementara, Ketua DPRD kota Ternate, Muhajirin Bailussy kepada wartawan Senin (02/11/2020) mengatakan, Prinsipnya semua fraksi-fraksi memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pemerintah terkait dua Ranperda tersebut. "DPRD menginginkan nantinya Pemkot memperhatikan substansi Perda tersebut dari pasal per pasal dan juga penguatannya," ungkapnya.

Lanjutnya dia menjelaskan, sejumlah Peraturan Daerah (Perda) seperti pajak, retribusi dan lainnya diusulkan pemerintah untuk dijadikan satu Perda, mudah-mudahan menjadi regulasi yang bisa memberikan tambahan dan energi baru, dalam rangka memastikan Pemda kedepannya punya tambahan sumber pendapatan.

Dirinya menambahkan, mulai besok DPRD sudah menjadwalkan pembahasan dua Ranperda yang diusulkan oleh pemerintah tersebut, karena sudah disetujui dalam rapat paripurna ke-14 masa persidangan ke-III tahun 2020 bersama dengan Pemkot Ternate.

"Jadi kita sudah bentuk gabungan komisi untuk dibahas lebih lanjut, dan SK DPRD juga sudah diputuskan untuk dilakukan pembahasan lanjutan Ranperda tersebut,"pungkasnya. (Ris/red)

Komentar

Loading...