Festival Juanga Bakal Jadi Agenda Tahunan Pemkot Tidore

Pembukaan Festival Juanga pertama 2023 yang ditandai dengan pemukulan tifa, di Tanjung Mafutabe, Kelurahan Mareku, Jumat (18/8/2023).

TIDORE-pm.com, Festival Juanga ini diharapkan masuk dalam kelender event tahun yang digelar di Kelurahan Mareku.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Tidore Kepulauan Capt, H. Ali Ibrahim saat membuka dengan resmi Festival Juanga pertama 2023 yang ditandai dengan pemukulan tifa, di Tanjung Mafutabe, Kelurahan Mareku, Jumat (18/8/2023).

Capt, H. Ali Ibrahim mengatakan, Festival Djuanga harus menjadi sebuah primadona yang menjadi agenda rutin tiap tahun, karena memiliki magnet wisata untuk mengundang wisatawan lokal datang.

Nilai tambah kegiatan ini juga memuat pameran UMKM lokal, pentas seni, tari tradisional-modern, serta yang tak kalah penting karena dasar rangkaian kegiatan ini memuat nilai sejarah.

Wali kota dua periode itu juga meminta dukungan kepada masyarakat Kota Tidore khususnya kelurahan Mareku agar dapat bersama-sama dengan pemerintah daerah menyukseskan Hari Nusantara pada Desember mendatang.

“Saya minta dukungan dan kerjasama seluruh masyarakat Tidore, karena pada 13 Desember nanti Tidore dipercayakan menjadi tuan rumah Hari Nusantara 2023 Menkomarvest, dan ini akan lebih meriah dari Sail Tidore,” ajak Ali.

Sementara, Sangaji Laho, Umar Yasin mengatakan, Tanjung Mafutabe adalah bagian dari sejarah yang dimotori para tokoh-tokoh nasional. Bahkan berbicara tentang NKRI maka Tidore sangan berkontribusi.

“Karena Indonesia tanpa Tidore tidak ada sabang sampai merauke,” katanya.

Festival Juanga ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun RI Ke-78 Tahun 2023, diikuti delapan tim yang merupakan perwakilan dari para setaip RT Kelurahan Mareku, dengan menghiasi perahu melintasi Tanjung Mafutabe.

Komentar

Loading...