Frets Butuan, Amunisi Baru Lini Depan Malut United FC

Frets Butuan usai menandatangani kontrak kepindahannya ke Malut United FC.

JAKARTA-pm.com, Frets Listanto Butuan, putra daerah Maluku Utara yang telah lama merantau, kini berlabuh ke klub kampung halaman. Ia resmi bergabung dengan Malut United FC dengan status transfer dari Persib Bandung dan menandatangani kontrak berdurasi 3 tahun pada Kamis (30/11/2023).

Frets yang merupakan seorang anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), mendapatkan penugasan baru ke dari Denma Divisi Infanteri I Kostrad ke Kodam XVI/Pattimura. Agar dapat terus melanjutan karier sebagai pemain sepak bola, Frets menerima penawaran dari manajemen Malut United.

Kepastian pun didapat setelah adanya surat pelepasan secara resmi oleh manajemen Persib Bandung sesuai dengan persyaratan yang telah disepakati kedua pihak.

Seusai mengukir hitam di atas putih, Frets mengutarakan rasa bangga yang muncul di dalam dirinya. Pesepak bola asal Jailolo, Halmahera Barat, itu senang bisa bergabung dan mendapatkan kesempatan yang selama ini ia nantikan, yakni membela klub asal Maluku Utara.

Kehadiran Malut United di tengah ekosistem persepakbolaan nasional telah menjadi penawar rindu bagi masyarakat Maluku Utara. Para putra daerah dengan semangat sepak bola yang meledak-ledak juga sudah menantikan kemunculan klub seperti Malut United untuk menampung bakat mereka.

Frets yang turut bersyukur dengan keberadaan Malut United, berkomitmen untuk berjuang semaksimal mungkin bersama Laskar Kie Raha. Dengan semangat putra daerah, dia ingin membawa klub asal kampung halamannya promosi dari Liga 2 ke divisi teratas sepak bola Tanah Air.

"Sepak bola Maluku Utara sudah lama tertidur. Berkat Malut United, kami putra-putra daerah bisa unjuk gigi dan tampil di kancah sepak bola nasional. Saya akan berjuang semaksimal mungkin untuk kampung halaman," kata Frets.

Sebelum berlabuh ke Malut United, Frets menjalani karier di Liga 1 bersama Persib Bandung. Dia tercatat menyumbangkan 16 gol dan 12 assist dari 109 penampilan bersama Maung Bandung sejak 2019.

Setiap kenangan yang telah terukir bersama Persib membuat Frets merasa berat meninggalkan klub kebanggaan Jawa Barat tersebut. Namun, dia tetap harus melanjutkan karier setelah mengambil keputusan hengkang karena alasan keluarga dan kedinasan.

Bersamaan dengan keputusan bergabung bersama Malut United, Frets memindahkan ambisinya ke skuad asuhan coach Imran Nahumarury.

"Target saya adalah membawa Malut United promosi ke Liga 1 sesuai harapan manajemen dan pendukung klub. Saya dan teman-teman akan berjuang bersama," ujar Frets.

Guna mewujudkan ambisi promosi, Frets kudu menghadapi persaingan sengit di Grup 2 Liga 2 2023-2024. Malut United yang menduduki peringkat ke-3 klasemen Grup 2 masih harus bersaing ketat dengan sejumlah klub untuk mengamankan posisi menuju babak 12 besar.

Frets melihat situasi tersebut sebagai tantangan yang memacu dirinya untuk berusaha memberikan permainan terbaik dan membawa klub kampung halaman, Malut United, menembus divisi teratas.

Imran Nahumarury, selaku pelatih kepala, meyakini kedatangan Frets akan memberikan dampak positif bagi tim Malut United. Sang pemain disebut memiliki motivasi kuat untuk meraih kesuksesan bersama Laskar Kie Raha.

"Frets adalah pemain yang berkualitas. Dia akan menjadi tambahan opsi di sisi sayap. Semoga dia bisa beradaptasi dengan cepat," tutur Imran.

Terdekat, Malut United akan melawan Perserang Serang dalam laga tandang di Stadion Maulana Yusuf, Serang, pada Sabtu (2/12/2023) pukul 15.00 WIB atau 17.00 WIT.

Tim pelatih masih harus melihat kondisi pemain hingga menjelang pertandingan untuk menentukan status kesiapan Frets Butuan dalam laga tersebut.

Komentar

Loading...