Ganjar Temui Milenial di Ternate, Bicara Kreativitas hingga Ajak Kerjasama Pengembangan UMKM

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat meninjau museum rempah di Benteng Orangge, Ternate. Foto Vhirpm.com

TERNATE-PM.com, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyempatkan diri menghadiri kegiatan temu milenial dan berdialog kebudayan yang digelar GMNI dan GPM Malut. Bertempat di Benteng Orangge, Ternate Jum'at, 15 Oktober 2021, dipandu Ketua Museum Benteng Orangge, Rinto Taib.

Dikesempatan itu, Ganjar berbica banyak tentang kreativitas milenial dalam mengembangkan kreasi di tengah pandemi Covid-19. Ia mengaku, sudah mengunjungi beberapa daerah timur di Indonesia, termasuk Maluku Utara. Dan, senang ketika berdialog dengan milenial di Kota Ternate disuguhkan tentang pengembangan kreasi kelompok UMKM.

Menurut Ganjar, peran milenial mengembangkan kretaivitas dalam dunia UMKM sangat penting terutama di masa pandemi Covid-19. Selain itu, ia juga menyampaikan berbagai inovasi anak muda di berbagai bidang di wilayahanya yang sudah terbukti mendulang keuntungan di masa ekonomi yang sedang sulit seperti sekarang ini. Hal itu untuk dijadikan motivasi bagi kaum milenial di Kota Ternate dan Maluku Utara umumnya untuk mengembangkan kretivitas.

Dalam dialog itu, Ganjar juga memberikan apresiasi kepada tiga audiens berupa cendra mata kaos dan masing-masing satu unit laptop.

Hadiah yang diberika Ganjar itu setelah tiga audiens mengajukan pertanyaan terkait UMKM, budaya dan pengembangan literasi.

Suasana dialog mendadak heboh ketika salah satu audeins, Gubang namanya. Bertanya terkait kesiapan Ganjar bertarung di Pilpres 2024. Berdasarkan data beberapa lembaga survei di Indonesia menyatakan Gubernur Jateng itu menduduki posisi pertama bakal calon presiden 2024 terkuat. Namun, ia enggan menaggapi lebih. Dirinya lebih memilih fokus pada tema pembahasan kreativitas milenial dan pengembanagan UMKM.

Usai dialog, Ganjar lalu dilanggar sejumlah wartawan untuk mengonfirmasi kedatangannya di Maluku Utara. Lantas dengan tegas Ganjar mengatakan kedatangan dirinya di Maluku Utara semata-mata hanya ingin melihat para khafilah dari Jawa Tengah yang mengikuti STQ Nasional di Sofifi.

"Ya cuma itu saja. Kemarin saya lihat atlit kami yang lagi ikut PON di Papua. Sekarang ada anak-anak yang ingin menunjukan kebolehnnya dalam membaca Alqur'an. Mereka perlu disemangati," ujar Ganjar kepada awak media.

Ganjar menyampaikan sangat mengapresiasi kreativitas milenial di Kota Ternate. Bahkah, ia mengajak kolaborasi dan kerja sama di bidang UMKM.

"Tadi saya tawarkan, ayo buat UMKM kembar. Di sini ada creativ hub, kita hubungkan dengan hetero space nya Jateng yuk. Itu menurut saya bagus sekali," ujarnya.

Hetero space sendiri merupakan sebuah ruang kolaborasi (coworking space) yang teletak di Kota Semarang, Jawa Tengah. Digagas pemerintah provinsi setempat melalui Dinas UMKM dan Koperasi sebagai fasilitas untuk akses ruang belajar tanpa batas dalam pengembangan UMKM.

Ganjar kemudian berkesempatan meninjau langsung beberapa museum diantara; museum rempah. Ia pun disuguhkan beberapa dokumen literasi history tentang situasi proklamasi di Ternate.

Selanjutnya ia dikabarkan bertolak ke Sofifi pada hari ini, Sabtu 16 Oktober bertemu dengan para khafilah dari Jawa Tengah. (VhR/red)

Komentar

Loading...