poskomalut.com
baner header

Gelapkan Uang Perusahaan PT SSI, 8 Karyawan Tersangka

TERNATE-PM.com, Kasus penggelapan uang senilai Rp 15 miliar pada  perusahaan penyedia jasa keuangan Anjungan Tunai Mandiri (ATM ) PT. Swadharma Sarana Informatika (PT. SSI) Cabang Ternate, sejauh ini sudah delapan tersangka. Dari  delapan tersangka tersebut, enam di antaranya berkas perkara dinyatakan lengkap atau P21 yang saat ini ditangani oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Ternate.
Kasi Pidum Kejari Ternate Pardi Muthalib mengatakan, keenam tersangka itu adalah Busran, Fahri,  Rahim, Jidan, Anggri, dan Febrianto yang telah divonis oleh Pengadilan Negeri (PN) Ternate selama 2 Tahun penjara dalam kasus PT. SSI Cabang Ternate.
“ Untuk tersangka Febrianto terlibat tindak pidana pencurian  PT SSI. Barang bukti dari tersangka berupa uang senilai Rp 100 juta lebih.  Awalnya dituntut Jaksa Penuntut Umum (JPU) selama 2,5 tahun, namun  majelis hakim memutuskan 2 tahun penjara,” kata Pardi dikonfirmasi, Senin (30/9/2019).

Pardi mengungkapkan, dari  enam karyawan yang sudah memenuhi berkas tahap II tersebut, namun satu  di antaranya bernama Aldi telah ditetapkan daftar pencarian orang (DPO). Dia member sinyal, tidak menutup kemungkinan masih banyak lagi keterlibtan yang lain, karena  sementara dalam pengembangan penyilidikan.
“ Untuk enam tersangka ini dalam waktu dekat berkas perkaranya akan dikrimkan ke pengadilan untuk disidangkan. Sementara yang lain masih dalam pengembangan penyilidikan,” tandas Pardi. 

Sekadar diketahui kasus penggelapan dana pengelola ATM tersebut sebanyak delepan orang ditetapkan tersangka, salah satunya pimpinan direktur PT. SSI, Busran serta  Fahri alias AI yang menjabat sebagai wakil direktur. Sisanya merupakan karyawan PT SSI Cabang Ternate.

Kasus ini terbongkar setelah dilakukan audit internal sejak bulan Desember 2018, namun pihak PT. SSI baru berani melaporkan secara resmi ke Reskrim Polres Ternate  pada Juli 2019 lalu, dengan kerugian dana ATM senilai Rp 15 miliar yang digelapkan entah kemana. Namun setelah ditelesuri, dana tersebut berhasil diselamatkan sekitar Rp 4 miliar.(red)

Artikel ini sudah diterbitkan di SKH Posko Malut, edisi Selasa 1 Oktober 2019, dengan judulGelapkan Uang Perusahaan PT SSI, 8 Karyawan Tersangka

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: