poskomalut.com
baner header

Gubernur Curhat ke Danlantamal Ilegal Mining dan Fishing

TERNATE-PM,  Ditengah agenda yang sangat padat, Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba masih menyempatkan diri untuk menjamu Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XIV Brigjen TNI (Mar). Suaf Yanu Hardani, bersama rombongan dalam acara ramah tamah, Sabtu (9/11) di Kantor Perwakilan Maluku Utara, Ternate.

Gubernur dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Danlantamal XIV dalam kunjungan kerja di Maluku Utara (Malut). “Sebagai Gubernur, saya menyampaikan selamat datang Danlantamal XIV beserta ibu dan rombongan di negeri para raja (kerajaan Ternate, Bacan, Tidore dan Jailolo) Moloku kie raha. Semoga dalam kunjungan ini dapat membawa dampak yang lebih baik bagi keberlangsungan keamanan wilayah perairan di Malut,” ungkapnya.

Gubernur juga menyampaikan, Maluku Utara merupakan provinsi kepulauan. Olehnya itu, masih sering terjadi berbagai macam kejahatan seperti halnya pencurian ikan dan lain-lain. “Di Maluku Utara ini, terdapat kurang lebih 800 pulau, baik yang sudah berpenghuni maupun yang belum berpenghuni. Dengan banyak pulau itu, daerah ini juga banyak penghasil alam seperti Ikan, Emas, Nikel, Biji Besi, Cengkeh, Pala dan Kopra. Olehnya itu, tidak menutup kemungkinan sering terjadi ilegal fishing, ilegal mining dan masalah lainnya sehingga diharapkan pengamanan ekstra ketat yang dilakukan oleh 4 mitra (TNI AD, TNI AL, TNI AU dan Polri) dalam menjaga Maluku Utara sebagai bagian yang tak terpisahkan dalam kesatuan NKRI,” pintahnya.

Sementar itu, Danlantamal XIV Brigjen TNI (Mar). Suaf Yanu Hardani, dalam sambutan singkatnya menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Maluku Utara atas terlaksananya jamuan ramah tamah ini.

“Alhamdulillah, terimakasih atas segala bantuan dan kerja sama pemerintah daerah Maluku Utara. Saya berharap agar kerja sama yang baik ini terus ditingkatkan melalui satuan kami yang ada disini (Danlanal Ternate) dalam menjaga perairan Malut dan keutuhan NKRI,” ungkapnya.

Pria kelahiran Sidoarjo, yang pernah menjabat sebagai Danyon Marinir Papua ini juga mengatakan, dirinya berharap dalam pemerintahan Jokowi-Ma’ruf di Indonesia Maju ini, dapat lebih mengembangkan alutsista bagi TNI AL dalam menjaga perairan Indonesia.

“Semoga dengan hadirnya pak Prabowo sebagai Menteri Pertahanan di pemerintahan Indonesia Maju, dapat lebih memperhatikan perkembangan alutsista TNI. Ini demi menjaga keutuhan NKRI, termasuk juga beberapa wilayah perairan Maluku Utara yang berbatasan langsung dengan negara luar misalnya, Pulau Morotai,” katanya.

Hadir dalam acara ramah tamah yang berlangsung di lantai II itu, Gubernur Malut bersama ibu, Danlantamal XIV  bersama ibu, Kabinda Malut, Danlanal Ternate, Wakapolda Makut, serta perwakilan dari Korem dan TNI AU serta beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Malut. Usai acara ramah tamah, Danlantamal XIV beserta rombongan melakukan kunjungan kerja ke Kota Tidore Kepulauan. (Iel/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: