poskomalut.com
baner header

Gubernur Malut Didesak Tunjuk Plt Sekda Ternate

Walikota Pastikan Seleksi Tidak Ada Titipan

TERNATE-PM.com, Pasca Wali Kota Ternate, Hi. Burhan Abdurrahman mencopot M. Tauhid Soleman dari jabatannya sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Ternate, beberapa waktu lalu. Kini, jabatan Sekda ditempati Thamrin Alwi sebagai Plh yang ditunjuk Walikota Ternate.

Mengingat tugas dan wewenang Plh yang terbatas, maka Gubernur Provinsi Maluku Utara (Malut), Abdul Ghani Kasuba (AGK) didesak segera menunjuk Plt untuk mengisi kekosongan jabatan Sekda.

Hal ini disampaikan akademisi Unkhair Mukhtar Adam pada Posko Malut, Senin (13/01/2020). Menurutnya, mendesak saat ini adalah Gubernur segera menetapkan Plt Sekda Kota Ternate, sehingga bisa mengaktifkan kerja – kerja  pemerintahan yang ditinggalkan M. Tauhid Soleman. Sebab. Kerja-kerja organisasi pemerintah, tidak bisa terus dikendalikan oleh Plh.

Batas-batas kewenangan Plh, lanjut Mukhtar, juga bermasalah. Untuk itu, yang  terpenting saat ditengah proses seleksi Sekda, adalah Gubernur menetapkan pejabat pelaksana tugas (Plt) Sekda. “Jika sudah ada pengisian pelaksana tugas Sekda, baru kembali mempersiapkan seleksi untuk pejabat Sekda defenitif,” ungkapnya.

Dirinya mendesak Gubernur segera mengambil langkah atas kewenanganya menetapkan Sekda. Sebab, kinerja organisasi pemerintah bisa pincang dalam pelaksanaanya, jika dikendalikan pelaksana harian selama berbulan-bulan.

Sementara itu, Wali Kota Ternate Hi. Burhan Abdurrahman memastikan, lelang jabatan Sekda Kota Ternate yang tersisa tiga bulan ini, tidak ada titipan. Karena proses seleksi dilakukan panitia seleksi (Pansel). “Dalam wkatu tiga bulan ini SK Pansel  sudah harus ada, sehingga panitia seleksi bisa kerja,” ungkapnya pada sejumlah awak media, Senin (13/01/2020).

Lanjutnya, Pansel bakal siapkan segala tahapan, mulai dari pesetujuan KASN dan ijin Mendagri, jika sudah selesai maka bukalah pendaftaran. Siapa saja mau mendaftar silahkan terbuka untuk umum. “Persyaratan untuk mendaftar sebagai Sekda sesui aturan, pajabat yang pernah menduduki jabatan eselon II dan sarat-sarat formil harus disiapkan dan lelang ini terbuka,” ujarnya. (cha/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: