Gustu Ternate dan Provinsi Diminta Berikan Hasil Swab Pasien Covid-19 ke Keluarga

TERNATE-PM.com, Keluarga pasien covid-19 di Kota Ternate meminta Gugus Tugas Kota Ternate maupun Gugus Provinsi memberikan hasil laboratorium pasien yang terpapar covid19 kepada keluarga masing-masing untuk diketahui.

"Rekam medis pasien kami tahu itu rahasia, tapi untuk di keluarga pasien jangan dirahasiakan, harusnya tim medis terbuka ke keluarga dan pasien,"ujar Iki, salah satu keluarga pasien covid19 yang diisolasi d hotel Velia, Kota Ternate.

Keluarga meminta hal tersebut, karena tidak ada kejelasan soal status pasien selama ini. Misalnya saja yang terjadi hari ini, Senin (8/6/2020) dari 10 pasien yang di swab, hasil yang keluar hanya 8 pasien, sementara 2 pasien lainnya hasilnya tidak ada, ini yang dipertanyakan keluarga.

"Pada tanggal 27-29 Mei 10 pasien tersebut diswab untuk ke dua kalinya, hasilnya keluar 1 juni, tapi dari 10 orang, hasil yang keluar 8 saja. Duanya tidak keluar yakni Inisial HMA dan R. Inilah yang dipertanyakan keluarga ke gustu provinsi dan kota, tapi tidak ada jawaban yang pasti,"tandasnya.

Waktu keluarga mendatangi Gustu provinsi untuk meminta kejelasan status dua pasien tersebut, malah dialihkan ke gustu kota, yang lebih mengecewakan dari gustu kota juga mengatakan mereka tidak mengantongi hasil lab.

Namun anehnya pada saat swab akan dilakukan lagi, Senin (8/6/2020) hari ini, 2 orang pasien tersebut ditolak lagi swabnya dengan alasan hasil kemarin belum keluar, sehingga swab yang ini ditangguhkan. "Tadi di swab, dan dikirim ke RSUD. Dari 10 orang 2 ditolak. Katanya dua org itu hasil yang kemarin tidak ada,"ujarnya.

Keluarga kata dia, hanya meminta kejelasan kondisi anak, jadi gustu harus jujur. Tidak boleh mengatakan bahwa ada keterbatasan alat dan lainnya. (Ris/red)

Komentar

Loading...