poskomalut.com
baner header

Hari Ini Warga Capalulu Kepsul “Kepung” Kantor Inspektorat

SANANA-PM.com, Lantaran permintaan pergantian kepala desa tidak diakomodir, warga Desa Capalulu, Kecamatan Mangoli Tengah, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), hari ini akan menggelar aksi demonstrasi dan menduduki Kantor Inspektorat.

Sahrul Ipa, salah pemuda Desa Capalulu pada sejumlah wartawan mengatakan, warga Capalulu akan melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Inspektorat Kepsul guna meminta Inspektorat selaku tim audit internal segera mengeluarkan hasil audit penggunaan dana desa (DD) Desa Capalu. Masyarakt menduga sebagaian anggaran DD telah dikorupsi oleh kepala desa setenmpat. “Kami akan mendesak Inspektorat mengeluarkan hasil audit investigasi (uji petik) dan mengeluarkan rekomendasi pemberhentian Kapala Desa (Kades) Capalulu M. Ali Umasangaji dari jabatannya karena kami menduga kades tilep sebagaian anggaran DD Desa Capalulu,”tegasnya.

Sahrul menegaskan jika tuntutan ini tidak diindahkan, masayarakat akan bermalam di kantor Inspektorat sampai dengan tuntutan mereka terpenuhi. “Surat pemberitahuan pada kepolisianuntuk aksi besok (Hari ini red) sudah kami sampaikan. Untuk itu kami tidak main-main. Jika tuntutan kami tidak dipenuhi maka kami akan duduki kantor Inspektorat,”tegasnya.

Masyarakat akan mendatangi Kantor Inpektorat karena menduga Bupati Hendrata Thes mencoba melindungi Kades M. Ali Umasangaji, sehingga tuntutan masayarakat untuk segera mencopot kades diabaikan. Sebab , Inspektorat telah menemukan berbagai masalah yang terjadi di desa tapi masih saja dilindungi. “Ada indikasi bupati melindungi kades. Hingga itu kami akan datangi Kantor Inspektorat untuk ambil hasil audit. Setelah itu kami akan laporkan ke penegak hukum,”jelasnya. (fst/red) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: