poskomalut.com
baner header

Hari Pertama Operasi Zebra, Lantas Kepsul Jaring 33 Kendaraan

SANANA-PM.com, Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Rabu (23/10) mulai menggelar Operasi Zebra. Dalam hari pertama operasi Zebra itu Satlantas Polres Kepsul di bawah pimpinan Iptu Moctar Saniapo berhasil menjaring 33 kendaraan roda dua. “Hari ini ada 33 unit kenderaan roda dua yang kami tilang. Ini adalah operasi Zebra Kieraha hari pertama. Dan akan berlangsung hingga 5 November mendatang,”katanya.

Mochtar menambahkan untuk operasi Zebra kali ini Satlantas Polres Kepsul menerapkan dua sistem yaitu sistem hunting dan stasioner. Stasioner artinya hanya dilakukan dengan menetap di satu tempat. Sedangkan sistem hunting adalah upaya petugas untuk melakukan penindakan langsung terhadap pengguna jalan yang secara kasat mata melakukan pelanggaran. Meskipun begitu, lanjut Moctar, untuk pola penindakan hunting bersifat insidentil. Petugas tidak terus menerus berada di tempat tersebut namun sembari patroli. Kapanpun ada pelanggaran, petugas akan langsung melakukan penindakan. “Untuk hari pertama, dimulai pukul 11.30 sampai dengan. Setelah itu,  lanjut lagi pada pukul 14.00 sampai 16:00 sore,” jelasnya.

Terpisah, Kapolres Kepsul AKBP Tri Yulianto mengatakan, harapan dan tujuan opersi ini akan terasa sulit apabila tidak adanya sinegritas dari intansi terkait. “Dukungan dari intansi terkait serta kepedulian masyarakat untuk dapat mensosialisasikan operasi tertib lalu lintas ini guna mewujudkan kota yang berbudaya dalam tertib berlalulintas,”ungkap Kapolres saat memimpin upacara gelar apel operasi Zebra Kieraha tersebut. (fazte/red)

Artikel ini sudah diterbitkan di SKH Posko Malut, edisi Kamis, 24 Oktober 2019, dengan judul ‘Hari Pertama Operasi Zebra, Lantas Kepsul Jaring 33 Kendaraan’

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: