poskomalut.com
baner header

Hasil Audit Kerugian Negara Kasus Jambatan Air Bugis Diserahkan Ke Polisi

TERNATE-PM.com, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Maluku Utara (Malut), telah menyerahkan hasil audit kerugian negara proyek rehabilitasi jembatan Air Bugis di Kepulauan Sula, kepada Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Malut.

Jembatan Air Bugis terletak di Desa Auponhia, Kecamatan Mangoli Selatan, Kabupaten Kepulauan Sula, Malut. Proyek jembatan itu enilai Rp 4,2 miliar melalui APBD tahun 2017 di Desa Auponhia. Jembatan tersebut dikerjakan oleh PT Kristi Jaya Abadi yang tidak lain milik ipar dari Bupati Kepsul, Hendrata Thes. Selesai dibangun jembatan tersebut malah ambruk tahun lalu.

Koordinator Pengawasan Bidang Investigasi BPKP, Mohamad Riyanto mengatakan, audit kerugian jembatan telah diserahkan sejak awal Desember 2020.

“Iya laporan telah terbit, dan kami sudah mengekspos ke Polda, dan sudah diterima oleh Polda,”ucap Riyanto didampingi Saefudin Zuhri.

Disentil mengenai kerugian negara, Riyanto enggan berkomentar lebih jauh. Ia menyarankan untuk di konfirmasi langsung kepada Ditreskrimsus Polda Maluku Utara.

“Kalau soal itu, itu kewenagannya Polda, nanti Polda yang akan memberikan keterangan tersebut,”ungkapnya

Terpisah Direktur Reskrimsus Polda Malut Kombes Pol Alfis Suhaili saat di konfirmasi mengatakan pihaknya telah mengantongi hasil perhitungan kerugian negara dalam kasus tersebut.

“Data hasil penghitungan kerugian negara akan kami singkron kan dengan alat bukti yg lain, hasil pemeriksaan BPKP sebagai referensi bagi penyidik untuk memperkuat alat bukti,”aku Alfis, Rabu (13/1/2021)

Lanjutnya, pihaknya akan melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi dan penelitian dokumen.

“Masih ada kegiatan pemeriksaan tambahan terhadap saksi-saksi, dan penelitian dokumen terkait yang nantinya juga berguna dalam menentukan siapa yang cukup bukti menjadi menjadi tersangka,” tegasnya.(Sam/red)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: