Hasil Tes Reaktif, Tiga ODP Covid-19 Tidore Dirujuk Ke Ternate

Konferensi pers tim satgas penanganan Covid-19 Kota Tidore Kepulauan.

TIDORE-PM.com, Tiga pasien karantina di Kota Tidore Kepulauan, Rabu (8/4/20) siang tadi dirujuk ke RSUD Dr. H. Chasan Boesoeri Ternate oleh Tim satgas pencegahan Kota Tidore Kepulauan.

Tim Satgas Kota Tidore dalam keterangan pers menyampaikan, ketiga warga dirujuk ke Ternate merupakan warga dengan status ODP yang menjalani pemeriksaan, mereka merupakan rombongan Jamaah sebanyak 46 orang yang baru kembali dari daerah terjangkit.

"Tiga orang dari 46 rombongan itu kami rapid test terdapat tiga orang yang reaktif," kata Kadinkes Kota Tidore dr Abdullah Maradjabesy.

Ketiga ODP dirujuk melalui Pelabuhan Kesultanan Tidore atas ijin Sultan Tidore ini dilaksnaakan sesuai dengan SOP.

"Kami sekarang masih melakukan pengawasan ketat bagi ke 43 yang non reaktif,” ujar dr Abdullah.

Abdullah menegaskan, ketiga pasien yang di rujuk bukan berstatus positif Covid-19, sebab hasil rapid test belum bisa menjadi pegangan sebelum dilakukan Polymerase Chain Reaction (PCR) sebagai tahapan berikut setelah dilakukan rapid test. Hasil dari tes PCR untuk memastikan apakah mereka positif Covid-19 atau tidak.

Sementara itu, Sekretaris daerah Kota Tidore Drs H Asrul Sani Soleman mengimbau kepada masyarakat tetap waspada menjaga diri masing-masing sesuai dengan protap dan imbauan maupun instruksi, selalu mengunakan makser setiap beraktifitas dan hindari keramaian.

Selain itu, diingatkan agar masyarakat tidak menyebarkan informasi tentang penanganan Covid-19 yang bukan secara langsung dari Tim Satgas, apalagi informasi yang disebarkan dapat meresahkan aktifitas maupun kehidupan ditengah-tengah masyarakat.

"Saya minta kepada masyarakat untuk tidak sesuka hati sebarkan informasi tentang penanganan Covid-19 yang belum ada keterangan resmi,” imbau Asrul. (mdm/red)

Komentar

Loading...