poskomalut.com
baner header

Hotel Di Ternate Tak Kantongi IPAL Wajib Kena Sanksi

TERNATE-PM.com, Anggota DPRD Kota Ternate, Junaidi Bahrudin meminta Pemkot Ternate untuk menindak tegas pelaku usaha perhotelan di kota Ternate yang belum mengantongi dokumen IPAL.

Penegasan tersebut menindaklanjuti beroperasinya Hotel di kota Ternate yang tak kunjung melengkapi dokumen IPAL.

Junaidi kepada wartawan menegaskan, saat ini domestik maupun limbah nonkakus atau grey water, dan limbah kakus atau black water sejenisnya, baiknya air limbah tersebut tidak dibuang langsung ke kali atau saluran air. Dimana pembuangan limbah ini seoain wajib mengantongi ijin IPAL tentunya diharuskan melalui serangkaian uji Laboratorium, guna memastikan limbah yang dibuang tidak mencemari lingkungan.

Junaidi menegaskan, penanganan limbah perhotelan ini, dilain sisi, oleh Pemkot saat ini juga belum didukung dengan penyiapan laboratorium uji kwalitas air, sehingga uji lab juga harus dikirim ke luar daerah. Hal inilah yang tentunya wajib disiapkan oleh Pemkot, mengingat saat ini hampir sebagian besar pengusaha perhotelan yang terkesan masih saja membandel dengan tidak mengurus ijin dokumen IPAL.

“Jadi soal ini kami juga sempat turun kelapangan. Dan hampir sebagian besar hotel yang beroperasi di kota Ternate masih saja membandel. Pemkot mestinya memfasilitasi soal ini,'”tegasnya.

Dikatakan Junadi, terkait dokumen IPAL ini, salah satunya Sahid Bella Hotel oleh pihaknya sebelumnya juga telah turun mengecek dilapangan, dan dipastikan sudah kantongi ijin. Hanya saja, dengan pengalihan saham tentunya wajib diurus kembali.

Pemkot Ternate lanjut dia, hingga saat ini juga tidak ada langkah tegas dengan pemmberian sangsi terhadap pelaku usaha perhotelan di Kota Ternate. Dimana sangsi selama ini hanya bersifat teguran. Sementara teguran ini juga kadang di indahkan.

Olehnya itu, tentunya harus ada langkah tegas. Namun dilain sisi tentunya juga harus ada upaya memfasilitasi pengusaha perhotelan salah satunya penyiapan lab untuk uji coba limbah.

“Jadi kalau mereka masih membandel lagi,harus ada langkah tegas soal ini.Harus ada sangsi,agar ada efek jera,”pintanya.(Sm/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: