poskomalut.com
baner header

Imbau Masyarakat Ternate tak Perlu Takut Konsumsi Ikan

TERNATE-PM.com, Masyarakat Kota Ternate diimbau tak perlu takut untuk mengkonsumsi ikan. Pasalnya, ikan yang saat ini dijual di pasar ikan di Kota Ternate, masih kategori ikan segar dan layak dikonsumsi.

Hal ini disampaikan Kasubsie Pengawasan Data dan Informasi Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan, Basuki Dwi Arianto, usai melakukan pengawasan terpadu monitoring kesegaran ikan residu dan bahan berbahaya di Kota Ternate.

Menurutnya, pasca matinya ikan di perairan Kota Ternate, banyak keluhan dari penjual ikan. Sebab mengalami kerugian, akibat turunnya daya beli masyarakat  karena adanya isu kematian ikan secara massal di perairan Ternate.

“Kami semua turun dan memastikan bahwa ikan yang di jual di Kota Ternate masih dalam kondisi aman. Kami akan mempertegas, setelah hasil pengujian Laboratorium sudah dikeluarkan, diharpakan masyarakat tidak perlu takut  dan resahi untuk membeli ikan,” pintanya.

Dalam pengamatan dibeberapa lokasi, seperti tempat pendaratan ikan pelabuhan Perikanan Bastiong, Pasar Higienis dan Hypermart, guna menlakukan pengujian menggunakan Test Kit dengan target uji Timbal (Pb), Merkuri (Hg), Formalin, Klorin dan Rhodamin B. Hasil pemantauan tim terpadu gabungan Dinas Kelautan dan perikanan Provinsi, Kepala pelabuhan perikanan Nusantara, Dinas perikanan dan kelautan Kota Ternate, Dinas ketahanan Pangan kota Ternate, Balai pengawasan obat dan makanan Kota Ternate, Disperindag Kota Ternate, Dinas pasar Kota ternate, Satwas (PSDKP) ternate,  dan Balai pengendalian mutu dan keamanan Hasil Perikanan Provinsi, bakal dilakukan uji laboratorium dengan target uji bakteri Mutu Mikrobiologi.

“Kami melihat bahwa kondisi  ikan masih segar dan baik untuk di komsumsi dan hasil pengujian langsung di lapangan mendapatkan hasil uji bahwa ikan tersebut aman untuk di konsumsi dan tidak terindikasi adanya residu dan bahan berbahaya,” ungkapnya.

“Produk yang kami periksa adalah semua  jenis produk hasil perikanan seperti Ikan segar , ikan kering,  Udang, Cumi – Cumi, Kerang, Ikan Asap dan jenis produk olahan ikan lainnya yang sering di konsumsi oleh masyarakat,” tambahnya, sembari mmenyebutkan, pihaknya juga melakukan pemeriksaan terhadap kualitas air dan es yang digunakan saat penanganan ikan, guna memastikan bahan aman untuk digunakan oleh penjual ikan. (cha/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: