poskomalut.com
baner header

Imbau Warga Tidore Lakukan Pemeriksaan HIV/AIDS Sejak Dini

TIDORE-PM.com, Masyarakat Kota Tidore Kepulauan (Tikep) diimbau, agar tidak takut memeriksakan diri di Puskemas terdekat, guna mendeteksi  penyakit HIV AIDS. Terlebihnya bagi masyarakat rentan, yakni mereka yang merasa pernah melakukan seks bebas atau melakukan hubungan berisiko.

“Pemeriksaan diteksi HIV AIDS gratis, baik di RSU maupun Puskesmas. Datang periksa, jangan takut, apalagi malu,’’ ajak Kepala Seksi Pencegahan dan pengendalian penyakit Dinas Kesehatan Kota Tidore, Malik Ahmad saat ditemui Posko Malut di ruang kerjanya, Kamis (6/02/2020).

Menurut Malik, Kota Tidore Kepulauan memiliki 1 rumah sakit dan 10 Puskesmas yang memiliki fasilitas mempuni untuk pemeriksaan HIV AIDS secara gratis, dan mendapatkan obat antiretrovirals (ARV).

’’Dengan pemeriksan, kita bisa melakukan pencegahan, dan bagi yang sudah mengidap  insha Allah bisa memperpanjang usia,’’ ujar Malik.

Sebagai langkah pencegahan, lanjutnya, maka Dinkes Kota Tikep sudah melakukan pemeriksaan sesuai dengan standar pelayanan minimal, sasaranya bagi 8 populasi kunci, yaitu ibu hamil, pasien TBC, pasien IMS, Wanita Pekerja Seks, lelaki suka lelaki, Trangender (waria), Penasun dan warga binaan  pemasyarakatan.

“Untuk wanita pekerja seks, homo seksual dan penasun belum dapat dilakukan, karena untuk mengetahui jumlah sasaran belum dilakukan survey,’’ akhir Malik. (mdm/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: