poskomalut.com
baner header

Ini Tanggapan Posbakumadin Atas Pernyataan Sekertaris Dishub

TERNATE-PM.com, Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia (Posbakumadin) Kota Ternate, kembali menanggapi peryataan dari Sekretaris Dishub Kota Ternate, Fahruddin Ginting.

Ketua Posbakumadin Kota Ternate, Sabri Bachmid menilai bahwa Sekretaris Dishub Kota Ternate, tidak memahami tentang pungutan liar atau justru pura-pura menutup mata.

“Jangan-jangan dugaan kami ada pihak-pihak yang turut memanfaatkan pungutan yang tidak berdasarkan regulasi tersebut, memang benar setiap pelaksanaan tugas baik ASN maupun PTT dilapangan itu wajib berdasarkan surat tugas dan karcis sebagai dasar penarikan retribusi, namun bukan berarti dengan telah memperoleh surat tugas dan karcis yg sudah jelas-jelas tertera angka/nilai. Tetapi dalam impelmentasi, penarikan retribusi malah nilai yg dibebankan kepada pengendara lebih dari ketentuan yang diatur dalam Perda no 13 tahun 2011 tentang retribusi pelayanan parkir ditepi jalan umum,” tegas Sabri melalui rilis yang disampaikan ke Poskomalut.com, Selasa (11/5/2021).

Menurutnya, contoh karcis sebanyak 100 lembar tentunya nilai dari uang karcis tersebut adalah Rp. 100.000, namum oknum pegawai melakukan penagihan retribusi dilapangan dengan nominal uang Rp.2.000.-/ karcis, maka oknum tersebut akan memperoleh 2x lipat nilai yang ditentukan dalam regulasi.

Selanjutnya dengan 100 lembar karcis pastinya oknum pegawai akan melakukan penyetoran ke kas daerah sesuai dengan nilai karcis 100 lembar yaitu Rp. 100.000,- sisanya masuk ke kantong oknum-oknum pegawai nakal tersebut, inilah yang disebut dengan pungli.

“Kami telah melakukan invetigasi dilapangan dan telah memperoleh bukti-bukti, baik saksi maupun bukti video yg selanjutnya terhadap bukti-bukti tersebut akan kami sampaikan kepada  Satuan Tugas Saber Pungli Polda Malut dan Ombudsman Malut, untuk ditindak lanjuti, sebab kami duga ada upaya pembiaran yang dilakukan terhadap praktik pungutan diluar regulasi tersebut,”pungkasnya.(Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: