Praktisi : Jangan Perlambat Proses Penyelidikan

Inspektorat Didesak Serahkan Hasil Audit Dugaan Korupsi PAM Ake Gaale ke Penyidik

Kantor Inspektorat Kota Ternate.

TERNATE-pm.com, Inspektorat Kota Ternate didesak segera menyerahkan hasil audit kerugian keungan negara atas kasus dugaan korupsi anggaran Perusahaan Air Minum  (PAM) Ake Gaale.

Pasalnya, sampai saat ini penyidik Polres Ternate masih menunggu perhitungan kerugian negara dari Inspektorat.

"Inspektorat harus menyerahkan hasil audit, karena dari temuan inspektorat akan menjadi pedoman untuk penyidik dan untuk menentukan apakah perkara tersebut ada temuan atau tidak," kata praktisi hukum, Agus Salim R Tampilang, Jumat (4/8/2023).

Agus menuturkan dalam kasus tersebut ada indikasi kerugian keuangan negara maka, inspektorat tidak perlu memperlambat proses penyelidikan, karena dari hasil audit menentukan nasib seseorang dan memberikan kepastian hukum.

"Inspektorat memiliki tanggung jawab sebagai auditor atau menghitung catatan keuangan yang ada di PAM Ake Gaale. Kemudian tugas inspektorat adalah menganalisis laporan sesuai prosedur audit,"cetusnya.

Untuk memastikan laporan keuangan menurut Agus, inspektorat harus mengikuti prinsip akuntansi yang ditetapkan perbankkan.

“Maka auditor sudah tahu tata cara mengaudit,” singkatnya.

Keterlambatan audit inspektorat, Agus menduga ada upaya pengurangan kerugian keuangan negara.

"Jadi jangan ada konspirasi yang lain di luar dari pada itu. Kalau seperti ini pasti ada dugaan kenapa hasil audit bisa terlambat. Ini akan membuat publik bisa berekspekulasi kemungkinan bisa mengurangi kerugian keuangan negara," tukas Agus.

Diketahui, dalam pegusutan dugaan pencurian uang di perusahaan milik daerah itu terdapat 14 saksi yang sudah dimintai keterangan mulai dari mantan Direktur Utama (Dirut) Abubakar Adam, Maslan Deis, Direktur Teknik dan Direktur Operasional, Muhdar Assegaf.

Sementara untuk Dewan Pengawas (Dewas) yang dimintai keterangan adalah Ketua, Abdullah Bandang, Halid Thalib serta Hasan Musana Matdoa dan saksi lainnya.

Namun sampai saat ini penyidik Polres Ternate belum mengantongi nama calon tarsangka kasus tersebut. Padahal, dalam proses penanganannya sudah belasan saksi diperiksa penyidik.

Komentar

Loading...