poskomalut.com
baner header

Irwan Akui Gaji PNS Taliabu Terlambat

TALIABU-PM.com, Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (PPKAD) Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab), Irwan Mansur mengaku gaji Pegawai Negeri Sipil dilingkup (PNS) di Pemkab Pulau Taliabu tahun 2020 ini terlambat  dibayarkan. Dimana, sebagian besar gaji PNS sudah terbayar pada Januari, namun dia mengakui gaji PNS sebagian dinas maupun kantor belum dibayarkan.

Menurut Irwan keterlambatan gaji PNS adalah kesalahan dari bendahara di masing-masing OPD. Sementara untuk Pegawai Tidak Tetap (PTT) kontrak kesehatan maupun PTT guru yang gajinya belum terbayar sejak Desember 2019 lalu dirinya beralasan itu terjadi lantaran target Pendapatan tahun 2019 tidak tercapai.

“Gaji ASN januari sebagian besar sudah terbayar sejak Januari tetapi mamang ada beberapa badan dinas yang bendahara terlambat mengajukan pencairan di bulan Januari, meskipun di beberapa kali apel pagi sudah saya himbau agar OPD  mengajukan SPP gaji namun sampai saya melakukan Dinas luar ke jakarta mereka belum juga mengajukan SPP gaji”jawabnya ketika dihubungi media ini messenger, Minggu (9/2/2020).

Salah satu kendala keterlambatan pembayaran kata irwan mansur, adalah terjadi  perubahan mekanisme penyaluran DAU dimana, pada tahun 2019 besarnya DAU disalurkan otomatis setiap akhir bulan sementara untuk bulan berikutnya mulai tahun 2020 tidak otomatis disalurkan setiap akhir bulan lagi.

“Tapi mekanismenya DAU disalurkan  jika belanja pegawai sudah  dipertanggung jawabkan dan dilaporkan di kemenkeu jika belanja pegawai belum dilaporkan maka DAUnya tidak  disalurkan sampai laporannya dinyatakan diterima di Kemenkeu,” jelasnya.

Mekanisme tersebut sambungnya, berlaku sama seperti mekanisme  penyaluran Dana Desa dan Dana BOS juga mulai tahun 2020 sama yaitu  kalau pertanggung jawabannya terlambat maka DD dan Bos  berikut tidak akan Disalurkan sampai pertanggung jawaban dinyatakan diterima di Kemenkeu.

“Kami juga baru tau perubahan mekanisme itu setelah berkoordinasi Kemenkeu dan juga dengan kepala  KPPN Ternate. Alhamdulillah setelah berkoordinasi dengan Kemenkeu DAU sudah disalurkan kemarin hari Jumat,” katanya.

Sehingga dipastikan untuk gaji februari 2020 akan mulai dibayarkan Senin (10/2/2020). Sebagai informasi, untuk sosialisasi mekanisme baru tersebut terutama dana desa dan dana bos pihak Kemenkeu yang dalam hal ini diwakili KPPN Ternate akan melakukan sosialisasi di Taliabu pada 17 sampai 23 februari 2020 mendatang. (Cal/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: