Jadwal Masuk Sekolah di Ternate Belum Pasti

Kepala Dinas Pendidikan, Ibrahim Muhammad.

TERNATE-PM.com, Jadwal masuk sekolah bagi siswa-siswi SD dan SMP dipastikan mulai pada awal Juni 2020. Namun kepastian tanggal tersebut masih menunggu kebijakan pemerintah pusat.

Kepala dinas pendidikan dan kebudayaan kota Ternate (Dikbud) Ibrahim Muhammad ketika dikonfirmasi, Kamis (28/5) menyebutkan, jadwal masuk sekolah sesuai kalender pendidikan untuk SD dan SMP dijadwalkan pada 5 Juni 2020 sedangkan untuk tingkat SD 15 Juni 2020, hingga menunggu pentunjuk selanjutnya.

"Sesuai dengan kalender pendidikan bahwa untuk SD masuk pada 15 Juni sedangkan SMP pada 5 Juni, tapi semua dilihat perkembangannya dulu,"jelasnya.

Dirinya menyebutkan, sesuai dengan edaran wali kota sebelumnya bahwa jadwal libur hingga 29 Mei 2020, namun untuk jadwal masuk sekolah masih melihat perkembangan selanjutnya.

"Untuk proses belajar mengajar masih lihat perkembangan selanjutnya karena, nantinya apa siswa-siswa masuk langsung belajar atau Daring nanti dilihat dulu sesuai kondisi daerah,"ujarnya.

Dijelaskan bahwa nantinya siswa-siswa yang nanti masuk sekolah akan menunggu Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), pasalnya seperti siswa kelas 6 harus menunggu hasil ujiannya berdasarkan hasil nilai yang diakumulasi dari semester 1 hingga 5.

Ia menambahkan, nantinya para siswa dan pengajar yang akan mulai beraktifitas dalam proses belajar mengajar wajib mengikuti protokol kesehatan seperti penggunaan masker, cuci tangan sebelum dan sesudah beraktifitas, serta jaga jarak.

Lebih lanjut, nantinya Dikbud berencana akan menerapkan pengurangan jumlah siswa dalam satu kelas dan pengurangan durasi jam belajar di sekolah.

"Nanti rencana akan dibikin 2 shift, masuk pagi dan siang karena akan ada pengurangan jumlah siswa ditiap kelas yang hanya berisi 14 siswa selain itu juga jam belajar akan dikurangi,"singkatnya. (Cha/red)

Komentar

Loading...