poskomalut.com
baner header

Jalan Tani 2020, Distan Fokus Bangun Taliabu Utara

TALIABU-PM.com, Dinas pertanian, Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab) tahun ini bakal melakukan pembangunan jalan tani khusus bagi warga di bagian Utara Pulau Taliabu.

Kepala dinas pertanian (Distan), Pulau Taliabu, Ma’ruf kepada awak media Selasa, (25/2/2020) mengatakan, Distan pada tahun 2020 ini fokus membangun jalan tani bagi warga yang mendiami bagian utara Pulau Taliabu.

“Tahun 2020 ini kami programkan bangun jalan tani dengan volume 6 KM, dibagi menjadi enam kelompok, setiap kelompok diberikan 1 KM, dengan nilai anggaran kurang lebih Rp 180 juta”ungkap Ma’ruf.

Dijelaskan, jalan tani yang diagendakan Distan Pulau Taliabu, dibangun dalam bentuk rabat beton (setapak), dan dikelola langsung oleh kelompok tani. “Jalan itu dengan ukuran, lebar 1 meter dan panjang 1 KM. Karena jalan yang dibangun khusus buat kendaraan roda dua tapi, kalau kelompok ingin membangun dengan ukuran lebar dua meter maka, dari volume 1 KM tadi hanya menjadi 500 meter saja dan anggaran pembangunan jalan itu akan langsung ditransfer ke rekening kelompok tani karena pekerjaannya bersifat swadaya,” jelasnya.

Disentil terkait waktu realisasi program yang diagendakan instansi yang dipimpinnya kata Ma’ruf, sebenarnya yang diinginkan percepatan program ini dijalankan, namun karena factor kondsisi keuangan daerah. “Kami mau kase jalan program bagaimana kalau kondisi anggaran daerah kita yang seperti ini,”keluh Kadistan Pulau Taliabu Ma’ruf. (Cal/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: