Jelang Penutupan Cakades di Halsel, Disinyalir Sejumlah Aset Desa Belum Diserahkan Petahana

Panitia Pilkades Desa Indong saat menerima berkas Cakades Petahana Juma Tuahuns

LABUHA-PM.com, Pemilihan Kepala Desa (Kades) yang diselenggarakan serentak oleh Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan memasuki batas akhir pendaftaran sejak di buka pada 11-17 Agustus hingga pukul 12:00 wit, salah satunya Desa Indong Kecamatan Mandioli Utara.

Informasi yang diterima media ini, terhitung sejak dibuka pendaftaran oleh Panitia Desa setempat. sudah empat pendaftar yang mendaftarkan diri pada Pemilihan Kepala Desa Tahun 2022. Diantaranya, Bakri Wahab, Rajilun Muhammad, Junaib Abdurrahim dan Juma Tuahuns (Petahana).

Pendaftaran Petahana sendiri diwakili sejumlah tim Pemenangan yakni, Cun M Dali dan Hamis Hasan.

Uniknya, Calon Kepala Desa Indong Juma Tuahuns yang juga Calon Petahana ini disinyalir belum mengembalikan sejumlah aset Desa ke Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Anggota BPD Desa Indong Miqbel Alkatiri dikonfirmasi membenarkan jika, Sejumlah Aset Desa belum juga dikembalikan kepada Desa melalui BPD.

Sejumlah Aset Desa itu kata Miqbel, diantaranya, Satu Unit Mobil Transdesa yang hingga kini belum diketahui keberadaannya, satu unit transportasi angkut sampah (Kaisar) satu unit transportasi laut dan sebagian aset Desa yang belum diketahui BPD.

"Belum ada satupun aset Desa yang dikembalikan Pak Mantan Kades. Kami juga belum tahu alasannya karena, tidak ada koordinasi," ungkap Miqbel ketika dikonfirmasi melalui sambungan telepon Rabu (17/8).

Terpisah, Calon Kepala Desa Petahana Juma Tuahuns dikonfirmasi, membantah tudingan tersebut.

Ia mengatakan, penyerahan aset Desa sudah disertakan dalam poin-poin syarat Calon dan sudah diserahkan kepada Panitia Pendaftaran Cakades.

"Saya ini hanya cuti karena, masa jabatan belum habis. Jadi, dalam syarat Cakades itu aset Desa hanya dicantumkan dalam berkas pendaftaran Calon. Kalaupun pada saat pemilihan sudah ada pemenang Kades dan sudah dilantik maka, seluruh aset Desa akan diserahkan kepada Kades difinitif," jelas Petahana.

Sementara, Ketua Panitia Pilkades Desa Indong Suyudi Adeng juga ikut membenarkan terkait terkait sejumlah aset Desa yang diikut sertakan dalam berkas Cakades Petahana Juma Tuahuns.

"Iya ada," singkat Ketua Panitia. (Bar/red)

Komentar

Loading...