Pemilik Ganja 1,9 Kg di Maluku Utara Berhasil Diringkus

Kepala BNNP Malut, Brigjen Pol. Agus Rohmad.

TERNATE-pm.com, Badan Narkotika Nasional Perwakilan (BNNP) Provinsi Maluku Utara kembali meringkus satu terduga tersangka pengedar narkotika golongan satu jenis ganja kering.

Ganja dengan berat 1,9 Kilo Gram itu didapat pelaku berinisial AR alias A dari Aceh, Sumatera Utara.

Pria berusia 36 tahun itu diringkus setelah mengambil paket narkobanya di salah satu outlet pengiriman barang dan jasa di Kota Ternate.

Kepala BNNP Malut, Brigjen Pol. Agus Rohmad dalam jumpa pers menyatakan, 1,9 kg ganja yang diamankan dari Aceh ini rencananya akan didarkan di wilayah Halmahera Tengah (Halteng).

"Sesuai pengakuan, barang tersebut akan diedarkan di wilayah Halmahera Tengah," ungkapnya, Senin (28/8/2023).

Agus menjelaskan, 1,9 kg ganja dari Aceh itu dikirim ke Kota Ternate, Maluku Utara pada, Senin 24 Juli 2023. Paket tersebut baru diambil terduga tersangka pada keesokan harinya, pada 25 Juli 2023.

"Paket memang sudah tiba di hari Senin, tapi yang bersangkutan sengaja belum mengambil dan baru mengambil pada keesokan harinya," jelasnya.

Agus menyatakan, saat pemeriksaan terduga tersangka AR mengakui sudah 3 kali melakukan pengiriman ganja.

"Sebelumnya, sudah melakukan transaksi dengan jumlah yang sama dan kali ketiga ini baru ditangkap," ujarnya.

Selain AR kata Agus, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan BNNP Aceh untuk penangkapan terhadap pengirim dengan inisial BP alias IK.

"Yang pasti, BP alias IK akan terus dikejar BNNP Aceh," akunya.

AR dalam kasus ini dijerat dengan pasal 114 ayat (2) jo pasal 111 ayat (2) UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun dan maksimal 20 tahun penjara.

Komentar

Loading...