JPPR Malut Ingatkan Bawaslu Kab/Kota Rekrut Panwascam Secara Profesional

Jainul Yusup

TIDORE-PM.com, Pemilu tahun 2024 kini memasuki tahapan perekrutan lembaga adhoc Panitia Pengawas Kecamatan, mulai dibuka pendaftaran 21-27 September 2022, Jaringan Pendidikan untuk Rakyat (JPPR ) Provinsi Maluku Utara sampaikan beberapa catatan.

Hal tersebut di sampaikan oleh Koordinator JPPR Provinsi Maluku Utara Jainul Yusup kepada posko malut, Minggu (25/9/22) . Ia menyampaikan, tahapan perekrutan Panitia adhoc Panwascam ini sangatlah penting dan strategis dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai lembaga pengawas.

Bawaslu dapat memperhatikan tahapan ini dengan penuh tanggung jawab dan profesionalitas sehingga Para Panwascam yang terpilih. Adalah panwascam yang ideal melalui proses seleksi yang baik, Kita mengetahui, bahwa panwascam ini kan punya peran yang strategis.

Terutama di tingkat kecamatan dalam melaksanakan tugasnya yaitu melaksanakan pengawasan maka kita berharap proses seleksi ini dapat dilaksanakan dengan baik

Selain itu, Jainul juga menyampaikan agar pelaksanaan seleksi ini dapat memperhatikan aksesibilitas keterlibatan perempuan berdasarkan regulasi.

”Jika kita perhatikan dalam Undang-undang nomor 7 tahun 2017 pasal 92 ayat 11 bahwa keterlibatan perempuan minimal 30% itu menjadi penting, artinya tiap panwas kecamatan ada tiga orang ketua-anggota, maka ada perempuan minimal satu orang, ” ungkapnya.

Ia menyampaikan, sosialisasi secara masif kepada masyarakat juga menjadi penting baik lewat media, web, medsos dan lain-lain, agar khususnya keterlibatan perempuan ini dapat memenuhi syarat.

Selain itu Bawaslu di 10 Kabupaten/Kota di Maluku Utara dapat saja membuka kembali pendaftaran dan memberi ruang kepada perempuan dalam proses seleksi jika sampai penutupan 27 September 2022 belum memenuhi kuota.

Tambah Jainul, merekrut anggota panwascam yang bisa memahami benar tupoksinya secara baik, dan menghindari praktek KKN hanya karena teman dan keluarga dari anggota Bawaslu kabupaten/kota makanya di pilih jadi anggota Panwascam.Tidak dibenarkan.(mdm/red)

Komentar

Loading...