poskomalut.com
baner header

Kades Bobane Dano Di-Deadline 60 Hari Kembalikan Kerugian Negara

JAILOLO -PM.com, Kepala Desa (Kades) Bobane Dano Kecamatan Jailolo Selatan (Jalsel) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Seblum Babua diberikan waktu 60 hari untuk mengembalikan kerugian Negara dalam pengelolaan anggaran Dana Desa (DD). Ini berdasarkan hasil audit tim inspektorat.

Kepala Inspektorat, Julius Marau ketika dikonfirmasi, Rabu (4/03/2020) menyatakan, ada beberapa temuan yang telah termuat dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP), sehingga Kades diwajibkan untuk melakukan pengembalian dalam jangka waktu 60 hari. ”Saya tidak hafal jumlah temuannya, tapi pastinya ada temuan yang harus dikembalikan,” terangnya.

Julius menjelaskan, dari hasil pemeriksaan ada beberapa kegiatan yang tidak dapat diselesaikan. Bahkan, ada pekerjaan deker yang dikerjakan oleh pihak ketiga, namun proses pekerjaan tidak disertakan surat perjanjian kerja antara pihak Pemdes dan pihak Rekanan, sehingga pada saat pemeriksaan pihak ketiga yang tidak menyelesaiakn pekerjaan deker tidak bisa dipanggil untuk dimintai keterangan.

”Pekerjaan deker tidak selesai, bahkan pekerjaan yang dilakukan oleh pihak ketiga tidak disertai dengan surat perjanjian kerja, sehingga pihak ketiga tidak bisa dipanggil,” jelasnya.

Julius mengaku, iktisar LHP Inspektorat juga sudah diserahkan kepada pelapor, sehingga diharapkan kepada masyarakat untuk terus mengawasi proses pekerjaan yang dilakukan oleh Kades di Desa. ”Jika temuan tersebut dikembalikan, maka tokoh masyarakat juga diundang untuk menyaksikan proses pengembalian, sehingga anggaran yang dikembalikan itu bisa disepakati untuk membuat program lain yang akan dikerjakan,” tutupnya. (wm01/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: