poskomalut.com
baner header

Kades Pultab Lambat, DD Tahap III Terancam Tak Cair

TALIABU,PM.com, Kepala desa se-Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab), lambat meyampaikan laporan penggunaan dana desa (DD), tahap II sehingga sangat berdampak terhadap pencairan DD tahap III. Pasalnya, proses pencairan DD tahap III harus melalui Siskeudes di Jakarta, sementara melihat sisa waktu ini sudah tidak maksimal dalam mengerjakan program desa di tahap III.

Kepala dinas pemberdayaan masyarakat dan desa (DPMD), Pulau Taliabu, Mansuh Mudo kepada awak media di ruang kerjanya, Senin, (11/11/2019) menjelaskan, lambatnya pencairan DD tahap III ini disebabkan oleh lambatnya desa dalam menyampaikan laporan penggunaan DD tahap II.
“Sistem pencairan DD tahap III ini tidak sama seperti tahap I dan II. Pencairan tahap III ini, harus seluruh desa menyampaikan laporan penggunaan DD tahap II, selanjutnya diinput oleh oprator DPMD selanjutnya hasil input akan di bawa ke Jakarta untuk di input di sistem keuangan desa baru DD tahap III bisa di cairkan,”jelasnya.

Terkait dengan waktu yang ada ini sudah pati ada kendala dalam mengerjakan program desa di tahap III tapi, itu sudah jadi tanggung jawab kepala desa kata Mansuh. “Kita harus mampu selesaikan program yang dorong sudah canangkan dengan waktu yang ada. Soal pencairan lebih cepat lebih baik, itu adalah program pemerintah daerah namun, terkendala dengan dorang punya laporan yang hingga saat ini juga belum rampung,”ungkap dia.

Pihaknya sudah menyurati seluruh kades dan camat di Pulau Taliabu, namun hingga saat ini baru 70 persen Kades yang menyampaikan laporan penggunaan DD tahap II. “Saya berharap dalam waktu dekat ini harus seluruh laporan penggunaan DD tahap II harus di selesaikan sehingga, dorang bisa selesaikan dorang punya pekerjaan yang ada di tahap III nanti”tutupnya. (Cal/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: