Kades se-Taliabu Diminta Membuat Perdes Pencegahan Covid-19

Aliong Mus

TALIABU-PM.com, Bupati Taliabu Aliong Mus meminta kepada jajaran pemerintahan desa (Pemdes), di wilayah Pulau Taliabu agar menyusun payung hukum (Perdes) terkait penggunaan anggaran desa untuk penanganan, pencegahan pandemi Corona Virus Disiase di wilayahnya masing-masing.

Permintaan Bupati tersebut setelah setelah mendapat informasi bahwa masih banyak desa yang kurang memahami penggunaan Dana Desa (DD) untuk pencegahan Covid-19 dan penyaluran BLT. "Saya memerima informasi terkait dengan kades yang belum memahami penyaluran dana desa untuk pemutusan mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19 di desa,” kata H. Aliong Mus via whatsapp, Jumat (1/5).

“Karena itu, saya (Aliong Mus, red) meminta para kades agar sebelum menyalurkan bantuan, agar terlebih dahulu membuat payung hukumnya, baik berupa SK tim relawan maupun Perdes terkait  pergesaran anggaran pencegahan Covid-19 dan perubahan RAB desa. "Harus memperhatikan rambu-rambu payung hukumnya, agar supaya kita terhindar dari persoalan yang ada," jelas Aliong Mus.

Selain itu, dia juga meminta kepada jajaran pemerintahan desa, melakukan sosialisasi mengenai covid-19, social distancing, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), serta penundaan kegiatan yang berpotensi mengumpulkan banyak orang. 

Disamping itu, kepala desa juga wajib melakukan pemantauan, pengecekan dan pendataan terhadap warganya yang baru datang dari perantauan, serta orang yang baru saja bepergian ke daerah positif corona. "Termasuk mendorong dilakukannya isolasi mandiri terhadap warga yang dikategorikan sebagai orang dalam pemantauan (ODP), kalau semua bergerak bersama-sama, Insyaa Alloh kita bisa mencegah covid-19 ini," tuturnya.

Dirinya juga meminta satgas atau tim untuk melakukan sosialisasi termasuk melakukan penyemprotan desinfektan secara mandiri. Penyemprotan dilakukan terhadap fasilitas umum yang ada didesa seperti masjid, gereja dan sekolah. (Cal/red)

Komentar

Loading...