KAHMI Halut Sukses Gelar Milad HMI ke 74 dan Dialog

Foto penyerahan Buku ke KAHMI Halut

TOBELO-PM.com, Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Rabu (10/02) sukses gelar Milad HMI ke 74 dan Dialog Publik. Kegiatan bertempat Lantai II Galaxi Mart.

Kegiatan Milad yang bertajuk Mengokohkan Komitmen Keumatan dan Kebangsaan, dan Dialog bertajuk Etika Agama dan Keadaban Publik dibuka lansung Bupati Halut Frans Manery. Juga dihadiri pembicara Dialog Prof. Dr. Saiful Deni, Dr. Demianus Itce, dan Dr. Syahril Ibnu. Moderator Azis Fadel berlunsung khidmat. Selain itu, ada juga penyerahan buku Prof. Dr. Saiful Deni kepada Ketua KAHMI Halut dari hasil karya sendiri dan adiknya Dr. Aji Deni.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Dewan Penasehat KAHMI Halut Abdullah Azez Fadel S.Ag, Ketua DPW Dosen Muslim Wilayah Maluku Utara Dr Syair Ibnu M.Si, Rektor UMMU Ternate Prof Dr Syaiful Deni S.Ag., M.Si, Ketua Sinode GMHI Kabupaten Halut Pdt Dr Demianus Ice M.Th, Ketua Umum HMI Komisariat persiapan Tobelo, Bima A. Bijaksono, Para OKP beserta tamu undangan Tokoh agama, Tokoh masyarakat kurang lebih 100 orang.

Ketua Umum HMI Komisariat persiapan Tobelo Bima A. Bijaksono dalam sambutannya mengatakan, syukuran Milad HMI yang ke 74 tahun ini tentu HMI memiliki sejarah panjang dalam menegakkan Negara kesatuan Republik Indonesia. “Himpunan ini selalu kita pertahankan dan merawatnya agar kedepannya himpunan ini bisa semakin maju dalam mendukung pemerintahan Indonesia karena kita adalah bagian dari NKRI,” kata Bima, Rabu (10/2/2021).

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Umum Majelis Daerah (MD) KAHMI Halut Rahman Saha S.H bahwa Perjalanan HMI sampai dengan ini yaitu telah memasuki 74 tahun, hal ini bukannlah perjalanan  singkat yang didirikan oleh pendahulu sebelumnya, oleh sebab itu tentu kedepannya selalu merawat dan memajukan himpunan ini.

“HMI dan KAHMI kita beragama dan bukan kita saja yang beragama melainkan yang lain juga beragama oleh karena itu kita harus sama sama dewasa untuk saling menjaga toleransi beragama,”ujarnya.

Rahman juga menyebutkan, Halmahera Utara dan Indonesia pada umumnya saat ini dihadapkan dengan masalah serius yang kini masih merembek di seluruh pelosok negeri. “Saat ini hampir seluruh negara mengalami masalah serius yaitu penyakit Pandemi Virus covid 19 yang melanda negara kita dengan adanya pendemi ini kita harus dewasa dan selalu mematatuhi protokol kesehatan yang yelah diterapkan pemerintah,”pungkasnya.

Sementara Bupati Halut, Ir. Frans Manery dalam sambutannya menyampaikan, HMI adalah sebuah organisasi yang begitu besar dengan itu himpunan ini telah memberikan penting bagi kiprah mahasiswa Islam secara internal organisasi HMI maupun kiprah kebangsaannya bagi kemajuan negara dan bangsa Indonesia.

Tema kegiatan yang dibawakan itu kata Frans, mencakup 2 dimensi, yang pertama mengkokohkan agar segenap komponen HMI untuk terus menjadi organisasi yang religius yang dalam kancah perannya sebagai organisasi yang berkarakter keislaman kedua komitmen kebangsaan dimensi ini memiliki karakter yang kuat bagi segenap insan HMI, karena dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tekad dan komitmen untuk persatuan dan kesatuan bangsa.

“Saya menghimbau agar seluruh komponen HMI susuai usianya yang dewasa dan matang, senantiasa memposisikan diri sebagai panutan, arif dan bijaksana demi terjaganya silahturahmi dan persaudaraan sejati,”tandas Frans.(Mar/red)

Komentar

Loading...