Kakanwil Kemenkumham Malut Ambil Sumpah Notaris Kabupaten Pulau Morotai

TERNATE-pm.com, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku Utara (Malut), M.Adnan mengambil sumpah dan pelantikan notaris Kabupaten Pulau Morotai bertempat di ruang Aula Gamalama Kanwil Kemenkumham Malut, Rabu (01/02/2023).

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) M.Adnan mengambil sumpah dan melantik 1 (Satu) Notaris yaitu Sonny Pungus, dihadiri Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ignatius M T S, Kepala Divisi Keimigrasian, Sandi Andaryadi serta para Pejabat Administrator.

Mengawali sambutannya, M.Adnan menyampaikan Notaris dalam menjalankan tugas dan jabatannya mempunyai kedudukan yang sangat penting karena Notaris mempunyai kewenangan yang sangat besar khususnya dalam menciptakan dan menjamin kepastian hukum yang diimplementasikan dalam pembuatan akta autentik dan kewenangan lainnya sebagaimana diatur dalam Undang-Undang tentang Jabatan Notaris.

Akta autentik sebagai alat bukti yang mempunyai kekuatan pembuktian terkuat dan terpenuh dihadapan sidang pengadilan. Karena dengan akta autentik tersebut, secara jelas dapat diketahui hak dan kewajiban para pihak, karena sudah termuat dalam akta tersebut sehingga menjamin kepastian hukum khususnya sebagai ransangan dalam pembangunan kesadaran hukum masyarakat dan sekaligus dapat menghindarkan adanya sengketa.

“Peran dan tugas Notaris yang sangat krusial dan penting dalam menjamin kepastian hukum di dalam kehidupan bermasyarakat, maka Notaris dalam menjalankan jabatan harus tetap bersandar pada etika profesi ,berhati-hati, amanah, jujur," ujar M.Adnan.

Diakhir sambutannya M.Andan mengingatkan agar notaris yang baru dilantik segera melaksanakan layanan pada masyarakat sebagaimana diamanatkan dalam perundang-undangan dan senantiasa membangun komunikasi yang baik dengan sesama Notaris dalam wadah Ikatan Notaris Indonesia Provinsi Maluku Utara. Terutama bangun koordinasi dan konsultasi dengan Majelis Pengawas Notaris dalam pelaksanaan tugas dan fungsi kenotariatan.

Komentar

Loading...