Kakanwil Kemenkumham Malut Raih IKPA dan SMART Terbaik

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku Utara (Malut), M. Adnan, dan Kepala Divisi (Kadiv) Administrasi, Andi Basmal menghadiri secara langsung pelaksanaan pembukaan kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Program Dukungan Manajemen Kemenkumham Tahun 2022, bertempat di Hotel Pullman Central Park Jakarta, Senin (11/07/2022).

JAKARTA-pm.com, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku Utara (Malut), M. Adnan, dan Kepala Divisi (Kadiv) Administrasi, Andi Basmal menghadiri secara langsung pelaksanaan pembukaan kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Program Dukungan Manajemen Kemenkumham Tahun 2022, bertempat di Hotel Pullman Central Park Jakarta, Senin (11/07/2022).

Sementara Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM, Ignatius M. T. Silalahi, Kadiv Pemasyarakatan, Lili, Kadiv Keimigrasian, Sandi Andaryadi, para Pejabat Administrasi dan Pengawas, serta seluruh jajaran mengikuti secara virtual.

Kepala Biro Perencanaan, Ida Asep Somara saat menyampaikan, laporan pelaksanaan kegiatan menyebutkan, bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan yaitu memperkuat perencanaan strategis dan integrasi pelaporan keuangan dan Barang Milik Negara (BMN) Kemenkumham.

"Output yang ditargetkan dari rakor ini yaitu action plan tahun 2022, draft tarja 2023. Selain itu, terciptanya laporan keuangan yang akuntabel sesuai standar akuntansi pemerintah," ujar Ida.

Ida Asep Somara menambahkan, jumlah peserta yang ikut sebanyak 315 orang yang terdiri atas 142 mengikuti secara virtual, dan 183 jajaran secara langsung. Dalam pelaksanaan rakor akan dibentuk 3 Pokja, yang terbagi sesuai tema baik penguatan draft tarja 2023, BMN dan umum, serta SDM dan kelembagaan.

Sekretaris Jenderal, Andap Buddhi Revianto saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka rakor secara virtual dari Jenewa, Swis, meminta atensi para Kakanwil dan Kadivmin serta Pimti dan seluruh jajaran yaitu: pertama, sinergi antara dukungan manajemen Setjen, Unit Eselon I, dan Kanwil. Kedua, kebijakan dukungan manajemen unit eselon I dan Kanwil harus inline dengan kebijakan Setjen. Ketiga, pengendalian dan pengawasan tusi harus intens dilaksanakan.

"Pimti agar cek secara berkala dan insidentil. Penuhi target dan keberhasilan yang telah ditargetkan," ujar Andap.

Sekjen Andap selanjutnya mengevaluasi capaian target kinerja Kemenkumham secara global. Berdasarkan data, capaian nilai SAKIP sebesar 76,85 dari 100; Reformasi Birokrasi 80,05 dari 100; SPIP 4,25 dari 5; IPK 82,38 dari 100; dan IKM 19,47 dari 20.

"Pada tahun 2022 sampai 2024 nilai tersebut harus naik untuk evaluasi tunjangan kinerja," tegasnya.

Dalam pemaparan Sekjen, Kanwil Kemenkumham Malut berhasil meraih kinerja terbaik dengan rincian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) urutan pertama dengan meraih nilai 98,37, dan nilai SMART urutan ke III dengan nilai 95,67 dari seluruh Kanwil di Indonesia.

Sekjen mengapresiasi capaian tersebut serta memberikan langkah-langkah peningkatan nilai IKPA dan SMART bagi seluruh satuan kerja sehingga pada gilinnya dapat meningkatkan nilai Kemenkumham RI.

Di akhir sambutannya, Sekjen Andap mengingatkan agar rakor tersebut juga harus dijadikan sebagai kegiatan yang bermanfaat, harus tepat sasaran sesuai tarja, tepat regulasi, serta tepat mekanisme dengan hasil sesuai yang diharapan.

Kakanwil Kemenkumham Malut, M. Adnan mengapresiasi jajaran satker baik di tingkat Kanwil maupun di 15 UPT di wilayah Malut, sembari mendorong agar capaian kinerja tersebut harus punya outcome dan dampak nyata dalam peningkatan kualitas pelayanan publik dan masyarakat.

Senada dengan itu, Kadiv Administrasi, Andi Basmal menyampaikan agar capaian tersebut tidak membuat jajarannya berpuas diri. Menurut Andi ini menjadi motivasi untuk terus mencapai kinerja organisasi jajaran Kanwil Kemenkumham Malut.

Komentar

Loading...