Kanwil Kemenkumham Malut Minta PT IWIP Terbuka Terkait Data Orang Asing

Kakanwil Kemenkumham Malut saat pengawasa orang asing di PT IWIP. (Istimewa).

WEDA-pm.com, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku Utara (Kanwil Kemenkumham Malut) melakukan pengawasan orang asing di Weda, Halmahera Tengah (Halteng), Kamis (04/05/2023).

Perusahaan Tambang PT Indonesia Weda Industrial Park (IWIP) menjadi titik utama dilakukan pengawasan terhadap keberadaan orang asing di Maluku Utara.

Kakanwil Kemenkumham Malut, M. Adnan didampingi Kadiv Kemigrasian, Sandi Andaryadi, Kepala Kanim Kelas II Non TPI Tobelo, Moch. Andri Budiman, dan Kabid Inteldakim, Rachmat.

Kakanwil M. Adnan pada kesempatan itu menyampaikan komunikasi antara perusahaan dan Kemenkumham (imigrasi) harus selalu terjalin dengan baik.

Hal ini menurut M.Adnan, agar informasi yang dibutuhkan dapat dengan mudah diperoleh.

"Apapun yang mau dikomunikasikan oleh pihak IWIP dengan Kemenkumham, kami akan sangat kooperatif," ucap Kakanwil.

Hal tersebut sambung Kakanwil, sudah menjadi tugas pemerintah untuk mendukung kemajuan di daerah. Salah satunya dengan dukungan dari keberadaan perusahaan tambang di Maluku Utara.

Kakanwil berharap ada transparansi data orang asing dari PT IWIP. Hal itu menjadi perhatian Kakanwil mengingat kontestasi politik Pemilu 2024 akan segera dilaksanakan.

"Update data orang asing setiap saat untuk kemudahan penyebaran informasi kepada masyarakat, sehingga kegiatan tambang tetap berjalan dengan baik," tuturnya.

"Kami mengedepankan meminimalisir kesalahan. Karena setiap ada kesalahan diperusahaan, pasti imigrasi turut menjadi perhatian,” lanjut Kakanwil.

Sementara itu, pihak IWIP mengungkapkan jika terdapat kejanggalan yang ditemukan pihak imigrasi, dapat langsung disampaikan.

Pelayanan Imigrasi Tobelo, kata Manajer Legal, Rizky Chandrahiyat juga sangat baik dan selalu memberikan dukungan positif.

"Sampai tim dari Tobelo selalu bekerja bahkan sampai larut malam,” ungkapnya.

Ke depannya, jika memungkinkan akan lebih baik terdapat kantor imigrasi yang beroprasi di wilayah pertambangan.

Komentar

Loading...