poskomalut.com
baner header

Kelurahan di Ternate Bakal Kembali Terima DK

TERNATE-PM.com, Kabar gembira bagi para Lurah di Kota Ternate. Pemkot Ternate melalui bagian keuangan dalam waktu dekat bakal mencairkan Dana Kelurahan (DK) untuk 78 Kelurahan yang tersebar di 8 Kecamatan di Kota Ternate.

Sebelumnya alokasi dana kelurahan, terhitung mulai ditahun 2019 kemarin dihentikan oleh pemerintah pusat.

Kabag Pemerintahan Setda Kota Ternate, Ariyandi Arif menjelaskan, alokasi DK yang akan dicairkan dalam waktu dekat itu, telah dianggarkan melalui APBD induk 2021. Dimana, setiap Kelurahan, mendapat jatah dana kelurahan sebesar Rp 100 juta. Dimana, alokasi DK melalui APBD Perubahan ini, merupakan salah satu kebijakan pemerintah pasca penghapusan dana kelurahan oleh pemerintah pusat,yang dianggarkan melalui APBN.

“Jadi untuk angaran DK ini, sesuai edaran Kemendagri tahun 2021 itu tidak ada lagi DK, maka kebijakan Pemkot dianggarkan melalui APBD, dan itu sudah final, tinggal proses pencairan saja melalui bagian keuangan,”ucap Ariyandi, Senin (20/9/2021).

Dijelaskan, alokasi anggaran sebesar Rp 100 juta untuk masing-masing kelurahan itu, lebih difokuskan untuk pemberdayaan dalam rangka mendukung penerapan PPKM dampak Covid-19. Dimana, jika merujuk pada Permendagri, selain pemberdayaan juga pembangunan. Akan tetapi mengingat dampak Covid-19, maka untuk sementara, difokuskan kepada pemulihan ekonomi pasca pandemi.

Selain dianggarkan melalui APBD induk, alokasi dana kelurahan ini juga nantinya akan kembali dianggarkan ditahun 2022 mendatang, dengan harapan ada kenaikan. Dimana, realiasi dana kelurahan sendiri nantinya dicairkan melalui Kecamatan, untuk dicairkan bagi setiap kecamatan.

“Kuasa Pengguna Angaran (KPA) dan bendahara itu melekatnya dikecamatan, tinggal nanti setiap kelurahan sampaikan pengajuan untuk proses pencairan. Soal mekanisme pelaporan, tetap sama seperti penyampaian laporan pertanggung jawaban dana kelurahan pada umumnya,”pungkasnya.(Sam)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: