Kemensos Tambah BPNT di Halbar 2.953 KPM

DANNY MISSY

JAILOLO-PM.com, Kementrian Sosial (Kemensos) kembali menambah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) terhadap 2.953 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Sebelumnya, jatah KPM untuk BPNT di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) hanya sebanyak 6.851 KPM, namun upaya komunikasi Bupati Danny Missy kepada Kementerian Sosial (Kemensos), sehingga dalam menghadapi penyebaran Corona Virus (Covid19) ini, jatah KPM penerima BPNT di Halbar ditambah 2.953, sehingga total KPM yang menerima BNPT di Halbar menjadi 9.804 KPM.

”Allhamdulilah atas komunikasi yang baik dengan pihak Kemensos, saat ini di Halbar mendapat tambahan jatah 2.953 KPM penerima BPNT. Olehnya itu saya sudah perintahkan kepada Dinas Sosial segera membantu BNI melakukan distribusi KKS kepada KPM,” ungkap Bupati Danny melalui pesan singkat, Minggu (18/05).

Sementara Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Samsuri Madjid ketika dikonfirmasi menjelaskan, dalam rangka sitimulus serta menjaga daya beli masyarakat terdampak Covid-19, pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan, diantaranya menambah KPM program sembako yang sebelumnya dikenal dengan program BPNT. Untuk data nasional, program sembako sebanyak 4,8 juta KPM, sehingga secara nasional penyaluran dilakukan secara perbankan, jadi KPM diberikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan PIN ATM.

”Atas upaya komunikasi pak Bupati dan Kemensos, halbar mendapat tambahan 2.953 KPM,” jelas Samsuri. Dia menambahkan, untuk distribusi KKS sudah dilakukan sejak Sabtu akhir pecan kemarin di Jailolo Selatan, Jailolo, Sahu, Sahu Timur, Ibu Selatan dan Ibu. Sementara pada hari Senin (18/05) distribusi KKS di dua Kecamatan Tabaru dan Loloda.

”Distribusi KKS juga kita tetap memperhatikan physical disstacing, sehingga tidak menimbulkan kerumunan massa. Jadi bantuan yang sudah mulai disalurkan ini, dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan,” katanya.

Dengan adanya penambahan kuota KPM, maka secara total di Maluku Utara, Halbar paling terbanyak menerima bantuan BNPT atau program sembako. Selain itu, Bantuan Sosial Tunai (BST) juga habar terbanyak. ”BST sudah disalurkan melalui Bank dan kantor Post dan untuk jumlah warga penerima BST melalu kantor pos kurang lebih 500 orang,” tutupnya. (wm01/red)

Komentar

Loading...