poskomalut.com
baner header

Ketua Ormas Jejak Timur Malut Desak Bupati Copot Kadis DPMD Halsel

HALSEL-PM.com, Berbagai upaya pencegahan super ketat sudah dilakukan pemerintah pusat hingga daerah guna memutus mata rantai penyebaran pendemi Covid-19.  Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Selatan, melakukan agenda yang sama hingga pada tingkat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSPB).

Namun hal tersebut diabaikan Dinas Pemberdayaan Masyarkat Desa (DPMD) Kabupaten Halmahera Selatan, diketahui pada Kamis 14 Mei 2020 lalu DPMD menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) di Aula Ispektorat dengan melibatkan 249 kepala desa se-Halsel bahkan setiap desa dibebankan biaya.

Ormas Jejak Timur Maluku Utara secara kelembagaan menilai, Kepala Dinas DPMD Halsel Bustamin Soleman, mengambil kesempatan meraup keuntungan di tengah pandemi Covid-19.

“Bimtek Peningkatan Kapasitas Pemerintah Desa (PKPD) dilakukan itu bahkan membebankan kepada masing-masing desa  sebesar  Rp 7.500.000-,hingga Rp 15.000.000-, apabila dijumlahkan totalnya berkisar Rp 1 sampai Rp 3 milyar lebih sesuai hasil penelusuran di lapangan,” kata Ketua Ormas Jejak Timur Maluku Utara, Muhammad M. Adam dalam rilisnya diterima poskomalut.com, Sabtu (30/5/20).

Lanjut Amat, sapaan akrab Muhammad M. Adam, anehnya lagi kegiatan itu di lakukan secara tiba-tiba dan pusatkan di Halsel sehingga bisa dibilang DPMD terkesan memaksakan kegiatan  di tengah kondisi darurat seperti ini.

“Untuk itu kami minta dengan tegas Bupati Halmahera Selatan mengambil langkah mencopot Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DMPD) Bustamin Soleman karena di anggap tidak mampu menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Halmahera Selatan,” pintanya dengan tegas.

“Jika bupati tidak bisa mengambil langkah tegas untuk memberikan sangsi kepada Kepala Dinas DPMD tentunya ada dugaan besar bupati  juga terlibat sehingga dengan sengaja membiarkan proses jalannya kegiatan  Biimtek di tengah masa darurat pandemi Covid-19. Ini tentu mengabaikan anjuran yang sudah ditetapkan,” cetus Amat. (V’i/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: