poskomalut.com
baner header

KNPI Nilai Kinerja DPRD Sula Buruk

Hanya Sibuk Urus Perjalanan Keluar Daerah

SANANA-PM.com, Pengurus DPD II Komite Nasional Pemuda Indonesa (KNPI) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), menilai Kinerja DPRD Kepsul Periode ini lebih buruk dari periode sebelumnya. Pasalnya, sejak dilantik hingga saat ini alat kelengkapan dewan (AKD) pun belum terbentuk. “Kami melihat, kinerja DPRD kali ini, sepertinya lebih buruk dari periode sebelumnya, karena mereka hanya sibuk urus perjalanan, sementara AKD saja sampai saat ini belum juga terbentuk, padahal mereka menjabat sudah satu bulan lebih,” tegas Ketua KNPI Kepsul, Saiful Sibela. 

Menurut Saiful, mestinya sebelum melakukan aktifitas lebih jauh, DPRD harus menyelesaikan tugas wajib Dekab, salah satunya membentuk AKD. Sebab saat ini ada berbagai macam masalah daerah yang harus segera disikapi Dekab, salah satunya adalah Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dan masalah pendidikan. “Bagaimana DPRD bisa sikapi masalah yang terjadi dilingkungan masyarakat, sementara AKD saja tidak ada, hingga itu kami sarankan agar DPRD segera bentuk AKD,” pintanya. 

Lanjut Saiful, sebagai pimpinan OKP, pihaknya menyarankan DPRD agar dapat mengurangi perjalanan keluar daerah, sebab sejak dilantik hingga saat ini uang daerah yang terkuras untuk perjalanan DPRD sudah lebih dari Rp 1 miliar. “Kami sarankan, DPRD agar kurangi perjalanan,agar lebih konsentrasi untuk mengurus permasalahan di daerah,” katanya. 

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kepsul, Hamja Umasangadji yang dikonfrmasi media ini mengatakan, dalam waktu dekat ini AKD akan segera dibentuk. “Paling lambat besok atau lusa AKD sudah terbentuk,” jelasnya. 

Menurut Hamja, AKD yang belum terbentuk saat ini karena, DPRD masih mengevaluasi tata tertib (Tatib) di Bagian Hukum Provinsi Maluku Utara. “Bukan sengaja kami tunda-tunda pembentukan AKD, namun kami harus evaluasi tatib ke Provinsi, namun kami pastikan besok AKD sudah terbentuk,” pungkasnya. (fst/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: