poskomalut.com
baner header

Komisi III Minta Dinas Terkait Segera Atasi Galian Di Gurabati Tidore

TIDORE-PM.com,Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Kota Tidore Kepulauaan menyoroti adanya indikasi aktifitas galian C di Kelurahan Gurabati Kecamatan Tidore Selatan.

Kepada Posko Malut, Kamis (11/6/20) sore ini , Ketua Komisi III DPRD Kota Tidore Malik Hi Muhammad mengatakan, jika aktifitas galian untuk pemenuhan material pembangunan Embung di Mafututu tersebut oleh Balai sungai Kementrian PUPR Maluku Utara yang dikerjakan PT Puncak Salagor akan dikroscek.

Sesuai dengan fungsi pengawasan yang melekat tentunya tidak menginginkan hal ini berdampak luas di masyarakat akibat dari aktifitas galian C itu, sesuai undang-undang tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup pasal 36 ayat 1 sudah cukup jelas dimana setiap usaha dan kegiatan wajib memiliki Amdal atau UKL-UPL ijin lingkungan, Bahkan ada sanksi untuk pejabat yang memberikan ijin tanpa melihat persyaratannya.

“Saya harap agar Dinas atau pejabat yang berwenang segera tertibkan masalah ini,demi hindari dampak lingkungan yang semakin parah,” ujar Malik.

Tak sampai disitu, pada kesempatan ini politisi Nasdem ini kemudian melakukan konfirmasi dengan Dinas lingkungan Hidup untuk mempertanyakan soal ijin lingkungan yang dikeluarkan apa sudah termasuk dengan aktifitas galian C itu ataukah tidak yang dikerjakan PT Puncak Salagor di tanah Warga tersebut. “Kami juga sudah pertanyakan dengan Pak Mustafa pihak Balai sungai dan alasannya mereka hanya melakukan pembersihan di area pembangunan dan itu lokasi milik Haji Cen,” Sebut Yahya Sekretaris DLH Kota Tidore.

Kendati demikian, Lanjut Malik ini menjadi informasi awal bagi Komisi yang membidangi soal ini.

Untuk diketahui, Akibat dari aktifitas Galian C yang dilakukan di Kelurahan Gurabati tepatnya berdekatan dengan perumahan 50 itu, sejumlah ruas jalan rusak padahal baru dibangun belum setahun dengan nilai milyaran rupiah, karena keluar masuknya Truck dan melintasnya alat berat.(mdm/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: