Korban Jatuh dari Speed Boat Masih Dicari, Motoris Diperiksa Polisi

Wakil Direktur Polisi Perairan dan Udara (Wadirpolairud) Polda Maluku Utara, AKBP Eddy Junaidi.

TERNATE-pm.com, Penyebab jatuhnya salah satu penumpang speed boat Sinar Moti Makian mulai didalami Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Polda Maluku Utara (Malut).

Penyidik Direktorat Penegakan Hukum (Gakkum) Polairud sudah memeriksa motoris berinsial D alias Dar.

Wakil Direktur Kepolisian Perairan dan Udara (Wadirpolarud) Polda Maluku Utara, AKBP Eddy Daulay mengatakan, jika pendalaman ditemukan ada indikasi perbuatan melawan hukum, kasus tersebut bakal diproses sesuai prosedur.

"Terkait kecelakaan itu, kami sedang melakukan pendalaman. Dengan memeriksa saksi-saksi dan motoris, dan kami baru memulainya dengan meminta keterangan dari motoris," tutur AKBP Eddy saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (29/1/2024).

Kata Eddy, saat ini proses pencarian masih terus dilakukan. Ia mengimbau kepada masyarakat maupun para motoris jika cuaca sedang tidak baik jangan dipaksakan untuk berlayar.

Diketahui, peristiwa jatuhnya penumpang bernama Abdullah Hi. Talib pada Jumat 26 Januari 2024. Kejadian bermula Abdullah melakukan perjalanan dari Ternate menuju Pulau Makian, Halmahera Selatan. Awalnya pria 69 tahun ini ikut duduk bersamaan dengan para penumpang lain di dalam speed. Namun entah apa yang dipikirkan, Abdullah naik duduk di atap speed. Begitu speed melintasi Kelurahan Toloa, Pulau Tidore Abdullah tiba-tiba saja terjatuh.

Penumpang lain yang sadar kalau Abdullah terjatuh dari atas speed langsung memberitahu kepada morotis. Namun bukannya putar balik dan memberikan pertolongan kepada Abdullah, motoris justru melaju hingga sampai ke Pulau Makian.

Alasan motoris tidak putar balik, karena bahan bakar minyak (BBM) miliknya hampir habis. Lantaran panik, pihak keluarga Abdullah lalu menghubungi pihak Badan Nasional dan Pencarian (Basarnas) Ternate untuk melaporkan kejadian tersebut.

Menerima informasi itu, Tim Basarnas langsung bergerak menuju lokasi awal jatuhnya Abdullah, hingga kini memasuki hari ke-4 proses pencarian oleh tim gabungan masih terus berlangsung.

Komentar

Loading...