Nurbaity : Keluar dari Kota Ternate juga Wajib Rapid Test Antigen

Kota Ternate Berlakukan Rapid Test Antigen Bagi Pelaku Perjalanan Luar Daerah

Kantor Dinas Kesehatan Kota Ternate.

TERNATE-pm.com, Kota Ternate segera terapkan rapit test antigen bagi pelaku perjalanan baik luar daerah maupun lokal.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Ternate, Nurbaity Rajabessy saat dikonfirmasi, Selasa (22/12/20) mengaku, Kota Ternate telah saat ini memiliki rapid test antigen yang diberikan Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesi (RI).

"Untuk pemeriksaan raid tes antigennya kita (Dinkes Ternate) punya sudah ada. Kita baru terima dari Kemenkes," ungkapnya.

Saat ini kata Nurbaity, pihaknya hanya menunggu Kepala Labkesda Kota Ternate, Riny Aryanti Amra, yang masih berada di luar daerah untuk dilakukan penerapan rapid test antigen

"Kalau beliau sudah datang lansung dilakukan penerapan rapid test antigen, sementara beliau masih diluar daerah," katanya.

Ia menmbahkan, nantinya dalam penerapan rapid test antigen, bagi siapa saja yang melakukan perjalanan keluar daerah, wajib melakukan pemeriksaan untuk memastikan bahwa orang yang lakukan perjalanan keluara bebas dari Covid-19.

"Bagi siapa saja yang melakukan perjalanan keluar, baik Keluar dari Maluku Utara atau pun keluar dari Ternate wajib lakukan tes antigen, dan bagi yang dari luar daerah baru lakukan sweb test," ujarnya.

Nurbaity bilang, bahwa pengambilan antigen dan rapit test memiliki perbedaan, untuk rapid test pengambilan sampel lewat darah sementara antugen pengambilan cairan lewat hidung saja.  Sementara sweb test pengambilan cairan melalui hidung dan tenggorokan.

"Untuk test antigen deteksi Covid-19 mencapai 80 persen akurat, untuk sweb test akuratnya mencapai 99 persen, sementara rapid test hanya mencapai 60-70 persen deteksi Covid-19," tandasnya. (Ris/red)

Komentar

Loading...